Manfaat Tanaman Mahkota Dewa

Mahkota dewa sering juga disebut buah simalakama. Sebagaimana kita ketahui, kata “simalakama” selalu identik dengan dua pilihan beresiko yang sama buruknya. Nama ini melekat pada buah mahkota dewa bukan tanpa alasan. Mahkota dewa memang dikenal beracun tetapi juga menyembuhkan. Meski dalam konteks pengobatan, kadang menimbulkan reaksi seperti pusing dan mual, namun tanaman perdu dari Irian Jaya ini selalu saja laris di pasaran. Beragam manfaat buah mahkota dewa memang telah banyak dirasakan masyarakat. Meski berlabel “simalakama” yang penuh resiko, mahkota dewa tetap juara obat herbal.


Beragam Nama Mahkota Dewa

Sebelum membahas beragam manfaat buah mahkota dewa, penting juga untuk mengetahui nama lain dari buah berwarna merah ini. Meski berasal dari tanah Papua, Irian Jaya, namun dewasa ini tanaman mahkota dewa bisa dijumpai di berbagai daerah. Uniknya, masing-masing daerah memiliki nama masing-masing merujuk pada mahkota dewa. Nama lain mahkota dewa yang telah disebutkan sebelumnya adalah Simalakama. Nama ini populer di daerah Melayu. Nama lainnya adalah Makutadewa, makuto Mewo, makuto Ratu, atau Makuto Rojo. Nama-nama tersebut dikenal luas di daerah Pulau Jawa. Untuk nama ilmiah, tanaman mahkota dewa dikenal dengan nama Phaleria Macrocarpa. Sedangkan untuk bagian buah dinamai Simplisia Phaleriae Fructus.

Berbicara mengenai mafaat buah mahkota dewa, mulai dari penyakit biasa seperti eksim sampai penyakit serius seperti kangker bisa ditaklukkan buah yang satu ini. Tetapi tak hanya sebagai tanaman obat, pemanfaatan awal tanaman mahkota dewa justru hanya sebagai tanaman hias. Bunga tanaman mahota memang menarik dengan bentuk terompet kecil berwarna putih dan memiliki bebauan harum yang khas. 

Dari Eksim Sampai Kangker

Manfaat tanaman mahkota dewa sungguh menakjubkan sebab mampu menghalau penyakit kulit hingga tumor dan kangker, wow! Mahkota dewa memang termasuk tanaman yang beracun, tetapi dengan mengikuti resep obat secara hati-hati, Anda bias memetik manfaatnya yang beragam. Untuk penyakit kulit seperti eksim, yang Anda butuhkan bukan buah melainkan daun. Cuci daun tersebut kemudian lumatkan dan balurkan pada kulit yang terkena eksim. Ulangi dua kali dalam sehari. Untuk penyakit seperti kangker, yang Anda butuhkan adalah buah mahkota dewa.

Melawan Disentri

Penyakit pertama yang bisa disembuhkan dengan buah mahkota dewa adalah disentri. Resep yang Anda harus racik cukup sederhana. Hanya dengan merebus kulit buah mahkota dewa yang telah dalam keadaan kering dengan dua gelas air hingga mendidih. Air hasil rebusan bisa Anda minum dalam keadaan dingin. Buat resep tersebut dua sampai tiga kali dalam sehari.

Menaklukkan Psoriasis

Manfaat buah mahkota dewa lainnya adalah untuk melawan penyakit psoriasis. Langkah yang Anda lakukan cukup sederhana, pertama ambil buah mahkota dewa dalam keadaan segar sebanyak tiga biji kemudian pisahkan bagian buah dengan biji buah. Langkah selanjutnya adalah memotong daging buah tipis-tipis kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu rebus daging buah mahkota dewa kering dengan satu liter air dengan tingkat api yang besar. Setelah memdidih kecilkan api dan rebus hingga air susut sampai seperempat. Setelah dingin, bagi dua air rebusan tadi dan minum sebanyak dua kali sehari, pagi dan malam hari. 

Kangker Dan Diabetes

Manfaat buah mahkota dewa lainnya yang cukup populer adalah melawan diabetes juga kangker (rahim dan payudara). Untuk diabetes, ramuannya cukup sederhana. Anda tinggal merebus buah mahkota dewa yang telah dikeringkan dengan lima gelas air. Panaskan hingga air susut sampai tiga gelas. Minum air rebusan tadi tiga kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas. 

Untuk penyakit kangker maupun tumor, buah mahkota dewa harus dipadukan dengan tanaman obat lainnya seperti temu putih, cakar ayam yang telah kering dan juga sambiloto kering. Rebus semua bahan dengan air kira-kira lima gelas. Panaskan hingga susut menjadi tiga gelas air saja. Pisahkan air tersebut menjadi tiga bagian dan minum masing-masing bagian di pagi, sore dan malam hari.

Beragam manfaat buah mahkota dewa memang sangat membantu masyarakat untuk meminimalisir biaya kesehatan. Namun ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter Anda sebab meskipun herbal, mahkota dewa juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan tanpa melalui cara pengolahan yang baik dan benar. Demikian halnya dengan dosis. Tetap berhati-hati.