Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka (Citrullus Lanatus Tunb)

Semangka adalah salah satu jenis tanaman yang merambat yang termasuk kedalam suku Cucurbitaceae (Labu-labuan). Buah semangka berbentuk bulat/lonjong dengan warna kulit luar berwarna hijau.
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka  (Citrullus Lanatus Tunb)
Semangka adalah salah satu jenis tanaman yang merambat yang termasuk kedalam suku Cucurbitaceae (Labu-labuan). Buah semangka berbentuk bulat/lonjong dengan warna kulit luar berwarna hijau. Jika sudah masak, dalam buah semangka berwarna merah dan banyak biji yang menempel. Biji semangka berbentuk pipih lonjong dengan ukuran panjang sekitar 1 cm dan lebar sekitar 0,5 cm. Daun semangka berukuran cukup besar, berlekuk-lekuk tepinya, berwarna hijau dan bunga berwarna kuning.

Semangka mempunyai nama ilmiah Citrullus lanatus (Tunb). Dalam bahasa Jawa, semangka disebut dengan semongko dan dalam bahasa Inggris, semangka disebut dengan nama Water melon.

klasifikasi ilmiah dari semangka (Citrullus Lanatus Tunb) :

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Subkelas : Dilleniidae

Ordo : Violales

Famili : Cucurbitaceae

Genus : Citrullus

Spesies : Citrullus lanatus (Tunb)

Semangka mirip dengan melon (Cucumis melo L.). Keduanya termasuk famili Curcubitaceae. Famili ini memiliki sekitar 750 jenis yang tumbuh tersebar di daerah tropika. Beberapa anggota famili Cucurbitaceace yang dikenal sebagai tanaman sayuran, di antaranya ketimun (Cucumis sativus L.), waluh (Cucurbita maxima Duch), oyong (Luffa cylindrica (L) Roem), paria (Momordica charantia L.), labu siem (Sechium edule (Jacq) Sw.), bligu (Benincasa hispida (Thumb) Cogn), dan labu air (Lagenaria siceraria (Mol) Standl).

Di Jepang, labu air dan waluh digunakan sebagai pohon pangkal semangka untuk menghindari penyakit layu.
Semangka termasuk tanaman semusim sehingga di Amerika, Eropa, Jepang digolongkan ke dalam kelompok tomat, cabe, terong sebagai golongan sayuran buah. 

Di Indonesia, semangka termasuk golongan buah-buahan seperti halnya melon dan stroberi.

Batang semangka berbentuk bulat dan lunak, berambut, dan sedikit berkayu. Batang ini merambat, panjangnya sampai 3,5-5,6 meter. Cabang-cabang lateral mirip dengan cabang utama. Daunnya berbentuk caping, bertangkai panjang, dan letaknya berseberangan. Bunga semangka berjenis kelamin satu, tunggal, berwarna kuning, diameternya sekitar 2 cm.