Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat Buah Mengkudu sudah diketahui sejak lama mengandung khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Buah ini merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Dalam bahasa hawaii mengkudu disebut sebagai noni yang artinya adalah tanaman obat. Meski disebut buah, tak banyak orang yang mau makan buah ini secara langsung sebab baunya sangat busuk dan tidak enak. Hanya orang - orang tertentu saja yang mengkonsumsi buah mengkudu untuk keperluan pengobatan. Namun, bagi Anda yang tidak ingin memakan buah ini karena baunya yang busuk ada alternatif lain yakni obat - obatan herbal hasil ekstrak dari buah mengkudu. 

Kandungan yang berkhasiat untuk pengobatan dalam buah mengkudu bernama scopoletin. Zat ini dipercaya oleh ahli dapat mengikat serotonin yang merupakan zat kimiawi penting dalam tubuh manusia. Scopoletin memiliki efek yang dapat melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri dan jamur serta dapat dijadikan sebagai anti radang dan anti alergi. Masih banyak lagi manfaat buah mengkudu yang akan kami bahas di bawah. 

Semua buah-buahan memiliki nutrisi tapi ada satu keunggulan mengkudu dibanding buah lain yakni kandungan Selenium. Zat tersebut adalah sejenis mineral yang dapat dijadikan sebagai antioksidan. Bahkan, antioksidan selenium ini terbukti cukup hebat. Senyawa lain yang tak kalah hebat terkandung dalam mengkudu adalah plant sterois, sosium, xeronine, lycine, arginine, proxeronine, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Manfaat Buah Mengkudu 

Percaya atau tidak manfaat buah yang berbau tak sedap ini sudah ditulis secara ilmiah. Meski saya tidak dapat memberikan bukti - bukti namun kami dapat informasikan beberapa diantaranya sebagai berikut. 
  1. Antioksidan yang terkandunga dalam buah mengkudu dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari radikal bebas. 
  2. Sel - sel kanker dalam tubuh dapat dicegah penyebarannya 
  3. Mampu mencegah tumbuhnya sel tumor 
  4. Mengatasi masalah kesehatan seperti batu, demam, dan sakit perut 
  5. Dapat diandalkan sebagai pereda nyeri 
  6. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bila mengkudu memiliki sifat antibakteri yang artinya dapat membunuh bakteri merugikan dalam tubuh secara alami 
  7. Mengatasi masalah hipertensi 
  8. Mengatasi radang dan alergi 
  9. Memperbaiki sel dan mengatur fungsinya 
  10. Membantu proses regenerasi sel dan mengambat penuaan dini 
Masih banyak lagi manfaat buah mengkudu seperti yang dijelaskan oleh beberapa sumber seperti menurunkan kolesterol dan melancarkan buang air besar. Jika Anda ingin mencoba sensasi mengkonsumsi mengkudu segar dapat mengolahnya menjadi minuman jus. Untuk meningkatkan kemampuannya dapat diberi tambahan madu secukupnya. Perlu kita ketahui Manfaat Madu dapat meningkatkan efek pengobatan dan mempercepat proses jalannya obat masuk ke dalam sel.