Ngengat (Tirathaba mundella)

Ngengat (Tirathaba mundella)
Ngengat (Tirathaba mundella)
Tirathaba mundella awalnya berbentuk mirip kupu-kupu berwarna kelabu dengan empat sayap. Ia kemudian bertelur pada tandan buah yang telah terlalu matang atau pun buah yang telah busuk. Oleh karena itu, tidak boleh meninggalkan TBS busuk di lahan penanaman kelapa sawit, karena juga bisa menjadi media tumbuh kembang hama ngengat tirathaba ini..

Pengendalian : Ulat Tirathaba dapat dikendalikan dengan racun kontak Dipterex atau Thiodan. Thiodan sendiri juga terkenal sebagai racun tikus atau masuk golongan rottensida.
Adapun cara aplikasinya adalah sebagai berikut : setengah kilogram Dipterex atau Thiodan dilarutkan dalam air sebanyak 360 liter air dan diaduk sampai merata, selanjutnya disemprotkan pada kelapa sawit yang terserang ulat Tirathaba tersebut. Dosis itu diperkirakan cukup untuk sartu hektar tanaman kelapa sawit. Penyemprotan diulang pada tigapuluh hari berikutnya bila masih ditemukan serangan yang berarti.

Demikianlah kami uraikan sebahagian keterangan tentang hama pada tanaman sawit berikut cara pengendaliannya. Pada kesempatan mendatang akan kami coba untuk menuliskan paparan tentang hama-hama sawit lainnya.

Bila ada yang ingin penjelasan lebih jauh tentang tehnik budidaya tanaman kelapa sawit , silahkan tanyakan dalam komentar di bawah, atau hubungi ponsel 0812 6307 6562 dengan Muhammad Isnaini alias Bang Pilot.. Kami dengan senang hati belajar dan berbagi dengan para peminat budidaya tanaman kelapa sawit.

Penulis juga adalah staf pada UKM Tani Muda, yang memproduksi dan memasarkan kecambah bibit kelapa sawit berkwalitas baik sejak tahun 2000. Saat ini untuk kecambah jenis dura seharga rp.600.- dan jenis tenera rp.800.- Bila ada yang membutuhkan, kami bersedia menyediakannya. Kami jujur dan anti tipu menipu.

Sumber : ekonomi.kompasiana.com