Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka, pernahkah Anda menyadari bila buah yang banyak ditanam petani sebagai buah dengan keuntungan menjanjikan ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan ? Ya, semangka yang menurut catatan pertama kali ditemukan di wilayah gurun kalahari benua Afrika, sudah dibudidayakan sejak 5000 tahun sebelum masehi oleh orang Mesir, memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Bagaimana buah ini bisa menyebar ke seluruh dunia ? Masih menurut sumber yang sama menyebutkan, bila buah semangka dijadikan sebagai pelengkap ritual dan dibawa oleh orang dari berbagai belahan dunia lain untuk acara yang sama. Namun, ada juga yang membawa semangka untuk konsumsi karena di percaya dapat meningkat keperkasaan pria. Itulah sediki gambaran dari sejarah dan manfaat buah semangka. 

Memiliki bentuk umum yang bulat dengan kulit hijau di garis garis kekuningan. Jika dibelah terlihat bagian dalam yang berwarna merah segar menunjukkan bila buah semangka banyak mengandung likopen, sejenis karoteroid seperti betakaroten. Oleh sebab itu, meski ada buah semangka berwarna kuning dengan rasa yang lebih manis, direkomendasikan untuk mengkonsumsi yang berwarna merah. Sebab, manfaat semangkamerah jauh lebih besar daripada yang kuning. 

Tapi jangan heran bila di internet kita mendapati gambar semangka berbentuk segi empat. Itu bukan hasil olahan photoshop tapi nyata. Adalah petani dari jepang yang bertanggung jawab sejak 30 tahun lalu mengembangkan proses budidaya unik. Menanam semangka dalam sebuah wadah kotak yang dilubangi sedikit untuk tumbuhnya batang yang menjalar. Sehingga saat membesar buah semangka berbentuk segi empat secara alami. Tujuan pembuatan semangka segi empat ini tak lain adalah untuk menghemat tempat penyimpanan dan supermarket. Tapi, pada perkembangannya semangka ini dijual dengan harga fantastis. 

Banyak sekali senyawa yang terdapat dalam buah semangka tapi yang paling mencolok adalah likopen. Bila dibanding dengan antioksidan seperti Vitamin C dan E ternyata lebih unggul. Sehingga cocok dijadikan sebagai buah untuk mencegah kanker dan menangkal zat radikal bebas yang merugikan untuk tubuh. Berikut adalah Manfaat Buah Semangka untuk kesehatan :

1. Menurunkan Kolesterol
Tingkat konsumsi lemak jahat yang tak terkontrol menyebabkan LDL dalam darah semakin meningkat. Jika kolesterol dalam jumlah maksimum tetap dibiarkan maka penyakit degeneratif siap mengintai masa tua Anda. Untuk mengatasinya, konsumsilah semangka secara rutin karena sudah diteliti mengandung senyawa yang dapat menghancurkan kolesterol dalam dalam.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Baru - baru ini peneliti mengungkapkan bila di dalam buah semangka terdapat kandungan yang bersifat seperti citrulline. Zat ini sebelumnya telah disarankan oleh peneliti untuk mengatasi penyakit jantung. Meski tidak ada efek yang terlihat pada tekanan darah tapi bila dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi dampak resiko penyakit jantung yang lain.

3. Merawat Kulit
Seperti yang sudah saya sebutkan di paragraf kedua bila semangka mengandung likopen yang bersifat anti oksidan lebih baik ketimbang vitamin E dan C. Dapat dipastikan bila senyawa tersebut juga sangat baik untuk perawatan kulit agar lebih cantik dan sehat.

4. Meningkatkan Vitalitas Pria
Inilah manfaat semangka yang paling disukai oleh kaum adam yaki dapat meningkakan kejantanan. Hal ini diungkapkan oleh Dr dari sebuah balai penelitian di Texas, Amerika Serikat. Bila buah semangka mengandung senyawa alami yang sama seperti obat peningkat kejantanan dan tentunya alami tanpa efek samping.

5. Melancarkan Pencernaan
Kandungan air dan serat yang tinggi membuat semangka sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, juga dapat mengatasi dehidrasi.

Manfaat Buah Semangka 

Masih banyak manfaat lain yang dapat kita ambil dari buah semangka seperti melancarkan buang air kecil, menurunkan demam, dan mencegah sariawan. Ada juga beberapa artikel yang menyebutkan bila Anda sedang dalam masa diet lebih baik mengkonsumsi semangka karena kandungan air yang banyak sangat baik untuk mengenyangkan perut tanpa harus menambah berat badan.Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah semangka.