Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak
Manfaat Buah Sirsak 
Manfaat Sirsak sudah diketahui sejak dulu sebagai salah satu obat mujarab untuk menghilangkan berbagai macam penyakit. Buah berwarna hijau yang diselimuti oleh kulit berduri ini dikenal sebagai buah yang lezat agak asam dan manis. Tumbuh di daerah tropis serta memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Sirsak berasal dari Amerika Selatan dan daerah dekat Sahara bagian Afrika, sirsak dapat dibudidayakan di seluruh Asia Tenggara, Filipina, Indonesia dan daerah Karibia. Buah Sirsak tidak mengenal musim, bisa tumbuh di bulan apa saja sehingga kapanpun kita mau kita dapat merasakan manfaat sirsak. 

Buah Sirsak berbentuk seperti jantung manusia berukuran besar, dengan bentuk luar yang meruncing sama sekali tidak menarik. Namun siapa sangka, bagian luar yang tidak menarik ini menyimpan bagian dalam yang berwarna putih dan memiliki banyak biji. Manfaatnya bagi kesehatan pun sudah tak diragukan lagi.

Banyak orang mengolah manfaat sirsak untuk pengobatan alami sedangkan untuk menikmati buahnya orang lebih memilih mengolahnya sebagai minuman atau dimakan langsung. Beberapa orang percaya bila sirsak menjadi obat efektif untuk kanker, namun, sampai saat ini masih belum ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut.


10 Manfaat Sirsak 

Buah sirsak mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin B, Vitamin C, Kalsium, Zat Besi, lemak sehat, karbohidrat dan protein. Buah sirsak juga sudah bisa dipastikan bebas kolesterol dan rendah kalori sehingga menjadi makanan ringan yang ideal untuk semua orang dengan jenis penyakit berbahaya. Tapi saat mengkonsumsinya juga jangan berlebihan karena zat asam yang terkandung dalam sirsak bisa menyebabkan sakit perut.

  1. Rebusan daun sirsak efektif untuk menghilangkan kutu kepala dan kutu busuk serta dapat dijadikan sebagai obat untuk masalah pada kandung empedu, batuk, radang selaput lendir hidung, disentri, demam dan gangguan pencernaan. 
  2. Jus buah sirsak mengandung unsur yang dapat mengobati hematuria dan penyakit hati 
  3. Tumbukan daun sirsak dapat digunakan untuk meringankan eksim dan masalah kulit lainnya. Tumbuhkan daun yang sudah hancur ditempelkan pada bagian kulit yang diobati. Selain itu, jika menggunakan daun sirsak proses penyembuhan luka juga berlangsung cepat. 
  4. Kulit luar sirsak bisa diandalkan untuk mengobati dan mencegah keracunan. 
  5. Rebusan daun sirsak bisa digunakan untuk mengompres radang dan kaki bengkak. 
  6. Kandungan kalium dalam sirsak yang besar bisa dimanfaatkan untuk mencegah kram kaki. 
  7. Thiamin dan Vitamin B banyak terkandung dalam buahnya, jika dikonsumsi dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 
  8. Vitamin B dan Zat besi juga baik untuk ibu hamil. 
  9. Selain itu zat besi juga membantu mencegah anemia. 
  10. Sirsak dapat meringankan nyeri atau sakit kepala.