Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam
Manfaat Daun Salam
 Khasiat daun salam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan untuk penyakit asam urat, diabetes, maupun untuk diet memang sudah tidak diragukan lagi. Daun salam, bernama latin Eugenia Polyyantha, lebih dikenal sebagai bumbu dapur di kuliner Indonesia. Orang Sumatera biasa menyebutnya mesalengan atau ubi serai. Orang Sunda mengenalnya sebagai gowok, sedangkan orang Jawa biasa menyebutnya dengan sebutan manting atau katolam.

Daun salam banyak ditemukan di daerah pegunungan dan hutan, namun sebenarnya pohon salam relatif mudah ditanam di pekarangan rumah atau kebun. Karena berakar tunggang, pohon ini mudah dikembangbiakkan, misalnya dengan cara pencangkokan.

Ciri pohon daun salam, batang pohon bulat licin dan cukup besar, dengan tinggi sampai mencapai 25 meter. Satu pohon menghasilkan lembaran daun salam yang berlimpah. Tak heran kalau di pasar tradisional daun salam masih dijual orang untuk kembalian atau pengganti uang kecil.

Sebagai bumbu dapur, daun salam mengeluarkan aroma minyak astiri sebesar 0,05% untuk menyedapkan masakan. Selain itu juga terkandung zat sitral, eugenol, tanin dan flavonida. Khusus zat tanin, berkhasiat menciutkan [astringent], sehingga orang sering memanfaatkan daun salam untuk menghentikan diare, mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi keluarnya keringat.

Khasiat daun salam memang tidak bisa dianggap remeh!

Dalam bidang industri, zat tanin digunakan dalam usaha kecantikan kulit. Hasil penelitian di FMIPA Universitas Indonesia dan Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada diketahui, daun salam berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol darah. Di luar negeri daun salam dapat digantikan dengan daun laurier, bay leaf atau tidak sama sekali, karena ketidakhadiran daun salam juga tidak mempengaruhi rasa dan aroma masakan.

KHASIAT DAUN SALAM SEBAGAI OBAT

• Diare
Cara membuatnya; ambil 10 helai daun salam, cuci bersih, rendam dalam segelas air panas selama 15 menit, tambahkan sedikit garam, lalu saring dan minum.

• Kencing Manis
Cara membuatnya; ambil 7 lembar daun salam, cuci bersih, rebus dengan segelas air bersih sampai tersisa segelas. Setelah dingin, bagi menjadi dua bagian, untuk diminum dua kali dalam sehari.

• Sakit Maag
Cara membuatnya; ambil 15-20 lembar daun salam, cuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih, tambahkan gula merah secukupnya. Minum seperti minum teh setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.

• Alergi atau Gatal

Cara membuatnya; daun salam,kulit batang atau akar pohon salam dicuci bersih, giling halus sampai menjadi adonan bubur, usapkan di tempat yang sakit.