Hama dan Penyakit Tanaman Kelapa Sawit

Jenis jenis hama yang menyerang kelapa sawit diuraikan sebagai berikut


1. Hama ulat dikendalikan dengan menyemprotkan Dipterex atau Bayrusil

2. Hama Kumbang dikendalikan dengan menyemprotkan larutan Azodin yang bersifat sistemik

3. Hama tikus dikendalikan dengan racun Tomorin, Warfarin, atau Racumin yang dicampur dengan umpan berupa ampas kelapa atau bekatul.
Hama dan Penyakit Tanaman Kelapa Sawit
Hama dan Penyakit Tanaman Kelapa Sawit

Penyakit yang sering menyerang tanaman kelapa sawit adalah ganoderma lucidum, ganoderma lucidum dikenal sebagai parasit fakultatif, parasit lemah, atau parasit luka. hingga sekarang, belum ditemukan cara pemberantasan yang efektif, sehingga hanya dapat dilakukan pembatasan penyebaran penyakit. caranya, menebang tanaman kelapa sawit yang terserang penyakit ini, pangkal batang dan sisa-sisa akar dibakar ditempat tersebut. tanaman yang terserang penyakit ini akan menunjukkan tanda-tanda daun menguning, daun bagian bawah mengering, diikuti tumbuhnya jamur berwarna cokelat dipangkal batang (Spoofor)


Penyakit lain yang sering menyerang kelapa sawit adalah litle leaf. penyakit ini disebut penyakit fisiologis atau penyakit nonparasiter karena tanaman kekurangan unsur barium. penyakit litle leaf bisa diatasi dengan pemupukan borax, dosis 50 gram per pohon per tahun. gejala serangan penyakit ini akan muncul pada anak daun. petumbuhan anak daun tidak normal, kecil, jumlahnya sedikit, dan tidak beratuan