Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot

Menanam Lidah Buaya Dalam Pot

Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot
Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot
Untuk budidaya lidah buaya dalam pot agar pertumbuhan daun lebih maksimal perlu dilakuakn perawatan khusus dan intensif. Hal yang paling penting dalam menanam tanaman ini adalah pengairan yang sesuai, harus kita pahami bahwa lidah buaya adalah tanaman kaktus. Kaktus merupakan tanaman sukulen yang artinya dapat menyimpan air di dalam batangnya. Begitu juga dengan lidah buaya, buktinya coba saja perhatikan daun lidah buaya begitu banyak kandungan airnya bukan?

Lidah buaya (aloe vera) dan kaktus lainnya sangat cocok ditanam di dalam pot. Tujuan menanam lidah buaya dalam pot selain sebagai tanaan hias juga untuk membatasi perkembangan lidah buaya. *-.3m..mk, Lidah buaya jika dibiarkan dapat berkembang dengan pesat dan mengganggu tanaman lain. Jenis pot yang cocok untuk tanaman lidah buaya adalah pot dari tanah liat, dengan menggunakan tanah liat air yang berlebuh bisa diserap oleh pot, sehingga tidak terjadi pembusukan akar.

Ukuran pot untuk menanam lidah buaya sebaiknya pot sedang (diameter 40 - 50 cm), jika kita menggunakan pot kecil ukuran 15 - 30 cm sebaiknya pertumbuhan tunas lidah buaya dikontrol sesering mungkin. Sebab untuk pot kecil hanya cocok ditanami 1 unit lidah buaya, dan di pot menengah bisa dibiarkan hingga 3 unit. Jumlah ini untuk memaksimumkan pertumbuhan lidah buaya agar daun dan batangnya dapat tumbuh menjadi besar dan panjang. Satu lagi hal yang perlu diketahui dalam 1 pot sebaiknya jangan dilakukan kombinasi tanaman terutama dengan bunga pacar, bakung dan anggrek, sebab tanaman ini membutuhkan banyak air dalam perkembangannya.

Jika anda ingin membudidayakan lidah buaya sebagai unit usaha maka sebaiknya ditanam di tanah saja, hal ini mengingat perkembangan lidah buaya di tanah jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan perkembangan aloe vera di dalam pot. Harga daun lidah buaya cukup tinggi bergantung daerah tinggal anda, sebab di sebagian daerah daun lidah buaya tidak laku dijual :). Jadi jika ingin membudidayakannya sebagai usaha maka sebaiknya pastikan dulu pemasarannya. Selain usaha budidaya juga anda bisa membuka usaha pengolahan lidah buaya sebagai manisan atau asinan. Saat ini ada juga peminat minuman dari lidah buaya.