8 Manfaat Buah Pare

8 Manfaat Buah Pare
8 Manfaat Buah Pare
Berikut 8 manfaat buah pare bagi kesehatan :

1. Mengatasi Diabetes Mellitus
Para dokter di India sudah lama menggunakan pare untuk mengatasi diabetes mellitus karena memiliki sifat hipoglikemik yang kuat. Ketika ekstrak buah ini diberikan pada penderita diabetes selama 2 minggu, hasilnya kadar glukosa darah mereka turun secara signifikan. Diperkirakan karena senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes dan juga karena sterol glikosidanya.

2. Turunkan Kadar Gula Darah
Pare mengandung Charntine, senyawa insulin dan alkaloids yang berguna untuk penurunan kadar gula darah. Karena itu pare sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan pencegahan diabetes tipe dua.

3. Menambah Nafsu Makan
Kandungan asam trichosanat dan momordicin berkhasiat meningkatkan fungsi pencernaan di lambung sehingga apabila dikonsumsi akan memiliki nafsu makan yang besar dan bisa makan lahap.

4. Melawan HIV-AIDS.
Buah Pare pun disebut-sebut bisa dipakai untuk membantu melawan AIDS. Penelitian di AS menemukan senyawa sejenis protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang dapat menghambat pembiakan HIV penyebab AIDS. Penelitian ini diterapkan pada pasien AIDS. Mereka diberi ekstrak pare selama 3 bulan dan hasilnya tingkat kekebalan tubuhnya meningkat.

5. Membersihkan Darah
Buah Pare mempunyai kandungan zat yang bisa membersihkan darah. Konsumsi jus pare juga bisa mengurangi gatal-gatal yang disebabkan infeksi dalam darah. Untuk hasil yang lebih maksimal disarankan konsumsi rutin jus pare di pagi hari dengan kondisi perut kosong.

6. Cegah Sel Kanker Pankreas
Tim peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat menemukan bahwa sari pare dapat menghentikan sel kanker pankreas memproses glukosa. Hal ini penting karena sel kanker memerlukan energi untuk bertahan dan Pare memblokir persediaan glukosa agar bisa membunuh sel kanker tersebut.

7. Mencegah Kehamilan
Penelitian Oentoeng Soeradi dan Asmarinah (1994) dari Universitas Indonesia pada hewan percobaan menunjukkan, hewan yang diberi pare, spermatozoid-nya mati terbunuh. Atas dasar inilah, Pare yang rasanya pahit ini disebut bisa mencegah kehamilan.

8. Atasi Asma
Sebuah studi dari University of Massachusetts menyebutkan respon tubuh terhadap konsumsi makanan pahit seperti pare merangsang indera pengecap yang ada di sel saluran pernapasan. Hal ini, membuat saluran pernapasan jadi lebar hingga aliran udara jadi lebih cepat dan kuat. Karenanya cocok untuk dikonsumsi penderita asma.