Manfaat Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas
Manfaat Buah Nanas
Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut adalah vitamin yang bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, nanas juga mengandung magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, natrium, sukrosa, dekstrosa dan enzim bromelain. Berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan:

Mencegah kanker
Nanas mengandung vitamin A dan C yang bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Dengan kata lain bila radikal bebas tidak dapat masuk ke dalam tubuh, pertumbuhan sel kanker dapat dicegah.

Membantu melunakkan makanan di dalam lambung
Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Enzim ini juga berfungsi sebagai antiradang dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Melancarkan haid

Buah nanas yang masih muda dapat berpotensi sebagai abortivum, yaitu sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Oleh sebab itu, nanas dapat dikonsumsi untuk melancarkan haid. Bagi wanita hamil, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah nanas yang masih muda.

Meningkatkan gula darah

Nanas memiliki kadar gula yang lumayan tinggi. Bagi penderita kadar gula rendah, nanas bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar gula darah.

Mengatasi masalah ketombe
Nanas bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Caranya, sediakan seperempat bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulit, parut, peras lalu saring. Tambahkan air nanas tersebut dengan air perasan satu jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Pakai campuran ini untuk menggosok bagian kulit kepala yang terkena ketombe. Lakukan kegiatan tersebut pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, bersihkan rambut dengan berkeramas. Lakukan kegiatan tersebut selama antara 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Mengatasi peradangan kulit

Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

Mengatasi sembelit

Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.