Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat
Syarat Tumbuh Tanaman Tomat
Tanaman tomat adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh hampir di semua tempat, baik dataran rendah atau dataran tinggi. Kendati demikian, tomat tidak menyukai daerah yang bertanah basah dengan curah hujan yang terlalu tinggi. Hal ini karena tomat sangat rentan terhadap berbagai serangan penyakit yang umumnya disebabkan oleh cendawan, seperti cendawan Phythoptora infestans dan sejenisnya.

Tomat tidak dianjurkan ditanam pada tanah yang tergenang atau becek, karena pada keadaan demikian akar tanaman tomat akan rentan membusuk dan tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Untuk pertumbuhan optimal, tanaman tomat menghendaki tanah yang memiliki aerasi dan draenase yang baik, derajat keasaman 5 sd 6, sedikit mengandung pasir, mengandung banyak humus, dan untuk tomat genjah struktur tanah liat berpasir akan lebih baik.

Untuk produksi optimal, tanaman tomat membutuhkan penyinaran penuh sepanjang hari, namun sinar yang terlalu terik dengan suhu yang terlalu tinggi juga cenderung tidak disukai oleh tomat. Tanaman yang memiliki nama botani Solanum lycopersicum L. ini tidak menyukai hujan yang terlalu lebat, daerah yang terlalu berawan, angin kering, dan udara panas.

Suhu optimum untuk pertumbuhan tomat adalah 23 derajat Celcius pada siang hari dan 17 derajat Celcius pada malam hari. Suhu yang terlalu tinggi serta diikuti dengan kelembaban relatif tinggi dapat memicu berkembangnya penyakit deaun, sedangkan kelembaban relatif yang rendah akan dapat menhambat proses pembentukan bunga dan buah.

Pembentukan buah sangat dipengaruhi oleh suhu malam hari. pengalaman di beberapa negara membuktikan bahwa suhu malam yang terlalu tinggi menyebabkan tanaman tomat tidak mempu melakukan pembentukan bunga sama sekali. Sedangkan pada suhu yang terlalu rendah, yakni di bawah 10 derajat Celcius, tepung sari akan mati dan tidak banyak yang dapat melakukan pernyerbukan.