Gulma Mikania micrantha

Merupakan gulma yang tergolong daun lebar, tumbuh merambat,daun berbentuk hati, bunga berwarna putih. Gulma ini mudah berkembang biak dengan bijimaupun potongan batangnya oleh karena itu penyebarannya cepat. Gulma ini tumbuh pada tanahlembab atau agak kering di areal terbuka atau ternaung. Pembabatan dilakukan menggunakansabit. Namun pengendalian gulma ini dengan pembabatan kurang efektif karena dapat denganmudah tumbuh kembali dari batangnya. Pengendalian manual yang efektif adalah dengan pendongkelan yang disertai dengan penyingkiran gulma dari permukaan tanah.

Botani

Batang M. micrantha tumbuh menjalar berwarna hijau muda, bercabang dan ditumbuhi rambut-rambut halus. Panjang batang dapat mencapai 3-6m. Pada tiap ruas terdapat dua helai daun yang saling berhadapan, tunas baru dan bunga.

Helai daun berbentuk segitiga menyerupai hati dengan panjang daun 4-13cm dan lebar daun 2-9cm. Permukaan daun menyerupai mangkok dengan tepi daun bergerigi.

Bunga tumbuh berwarna putih, berukuran kecil dengan panjang 4.5-6mm, dan tumbuh dari ketiak daun atau pada ujung tunas. Biji dihasilkan dalam jumlah besar, berwarna coklat kehitaman dengan panjang 2mm.