Manfaat Buah Jagung

Jagung adalah salah satu jenis sayuran yang lezat dan mudah diolah untuk dimasak menjadi berbagai macam sajian. Tak hanya itu, jagung juga sangat menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan, dengan mengkonsumsi jagung secara rutin. Berikut manfaat jagung seperti dikutip dari Boldsky.

Melancarkan pencernaan

Jagung mengandung serat yang penting bagi kelancaran pencernaan. Menurut banyak penelitian, secangkir bulir jagung mencukupi lebih dari 10 persen asupan serat makanan sehari-hari.

Melawan kanker

Jagung merupakan sumber antioksidan yang baik yang mampu melawan berbagai jenis kanker. Senyawa fenolik yang terkandung di dalamnya bersifat anti-karsinogenik dan dapat melawan kanker payudara dan hati.

Antioksidan juga mampu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh tanpa mempengaruhi sel-sel sehat lainnya.

Baik untuk kulit

Tepung jagung telah banyak digunakan dalam pembuatan kosmetik saat ini karena memililki sederet bermanfaat untuk kulit Anda. Salah satunya memperlambat proses penuaan kulit, karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Mengontrol Diabetes
Banyak studi telah menunjukkan bahwa mereka yang kurang mengkonsumsi jagung, rentan terhadap diabetes. Fitokimia yang terkandung di dalam jagung terbukti mampu mengontrol penyakit diabetes Anda.

Mencegah Anemia

Jika Anda mengalami anemia, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi jagung. Anemia disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, asam folat dan zat besi. Sedangkan jagung mengandung ketiganya, sehingga mampu membantu pembentukan sel darah merah baru.

Kaya mineral

Jagung merupakan salah satu sumber mineral yang melimpah. Jagung kaya akan magnesium, mangan, besi, tembaga, zinc dan selenium yang semuanya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh Anda.