Manfaat Tanaman Jarak


Manfaat tanaman jarak yang kita tahu saat ini yakni bijinya yang dapat digunakan sebagai minyak dan digunakan sebagai bahan bakar alternatif, oleh karena itu tanaman ini mulai banyak dibudidayakan karena memiliki peluang bisnis yang baik selain itu keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar. Ternyata selain sebagai bahan bakar alternatif tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman obat (Ricinus communis Linn.), kegunaan tanaman ini cukup banyak sebagai obat untuk mengobati kanker cervix yang sangat ganas dan mematikan, peoplapsus uterus rectum, kesulitan dalam melahirkan bayi dan juga retansi placenta, kelumpuhan otot pada wajah, bengkak, koreng, hernia, epilepsi, constipasi reumatik persendian, dan luka karena terkena pukulan.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman ini karena itulah tanaman ini mulai banyak bibudidayakan di indonesia, persyaratan yang tidak sulit untuk tumbuh menjadikan tanaman ini sebagai prioritas yang dapat diunggulkan untuk dibudidayakan oleh petani karena banyaknya kegunaan dan juga nilai ekonomisnya yang tinggi.

Kandungan yang ada dalam biji tanaman tersebut terdapat banyak kegunaan, manfaat tanaman jarak dapat mengobati penyakit koreng dengan cara menumbuk biji dan dicampur dengan garam yang selanjutnya ditempelkan dibagian luka koreng, pemakaian dapat dilakukan sehari 2x. Selain itu biji tanaman tersebut juga dapat digunakan sebagai obat dari penyakit prolapsus uterus dan rectum cara pemakaiannya juga sama dengan cara sebelumnya, dapat pula mengatasi kesulitan dalam melahirkan dan retensi placenta cara pemakaian lumatkan biji jarak dan juga letakkan ditengah-tengah telapak kaki. Mengatasi kanker cervix cara pemakaian lumatkan biji kemudian dicampur dengan 3-5% ricin dan 3% dimethyl sulfoxide kemudian dioleskan pada bagian kanker cervix, dilakukan selama 1x sehari dpat pula 5-6x seminggu untuk pemakaian jangka 1-2 bulan.

Khasiat daun tanaman ini juga dapat digunakan sebagai mengobati anak-anak yang terkena sakit perut atau tiba-tiba mencret dan perut bayi tersebut kembung akibat masuk angin, cara pemakaiannya yakni ambillah 3 lembar daun lalu beri minyak kelapa secukupnya kemudian dipanaskan sampai hangat lalu tempelkan pada perut bayi.

Manfaat tanaman jarak banyak dibidang kesehatan semakin meningkatnya permintaaan akan biji maupun daun tanaman ini, tanaman ini juga sangat dibutuhkan dan semakin sulitnya bahan baku sehingga harga dari tanaman ini juga sangat mahal. Selain perawatan untuk tumbuh tanaman ini tidak terlalu sulit tanaman ini juga tidak membutuhkan lahan yang amat luas untuk bisa tumbuh, apabila tanaman ini dapat tumbuh dengan baik maka produk yang dihasilkan dari tanaman ini juga bisa sangat berkualitas. Untuk bidang kesehatan sudah terbukti tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman alternatif untuk bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari biji ataupun daunnya bisa dimanfaatkan untuk proses penyembuhan penyakit.