Penyakit Tanaman Mentimun dan Pengendaliannya

Beberapa penyakit yang dominan pada tanaman mentimun yaitu:

1.Downy Mildew atau Embun Bulu

Penyakit ini disebabkan oleh Pseudoperonospora cubensis. 
 
Serangan penyakit ini menimbulkan gejala awal berupa bercak kuning yang berbentuk kotak mengikuti alur tulang daun. Serangannya dimulai dari daun yang sudah tua. Semakin lama, bercak kuning semakin lebar dan daun mengering, 
 
Pencegahannya dengan cara: (a) hindari menanam berdekatan dengan tanaman mentimun yang umurnya lebih tua, (b) perbaiki saluran drainase, terutama pada musim hujan, dan (c) lakukan sanitasi lahan secara rutin. 
 
Pemberantasannya dengan cara (a) jika tampak gejala awal, segera semprot dengan fungisida yang tepat. Arahkan mata spray ke permukaan daun bagian atas dan bawah, (b) beberapa contoh fungisida yang bisa digunakan adalah Anvil 50 5C, Nimrod 250 EC dan Score 250 EC. Gunakan dosis yang sesuai dengan anjuran.


2.Powdery Mildew atau Embun Tepung

Penyakit ini disebabkan oleh Erisiphe sp. Gejalanya hampir sama dengan gejala downy mildew tetapi terdapat serbuk putih seperti tepung yang muncul di balik daun.
 
Pencegahannya dengan cara (a) hindari menaman berdekatan dengan tanaman mentimun yang umurnya lebih tua, (b) perbaiki saluran drainase, terutama pada musim hujan dan, (c) lakukan sanitasi lahan secara rutin.
 
Pemberantasannya melalui (a) ketika gejala awal muncul, segera semprot dengan fungisida yang tepat. Arahkan mata spray lebih dominan ke permukaan daun bagian bawah. (b)fungisida yang bisa digunakan di antaranya Afugan 300 EC, Score 250 EC, dan Morestan 25 WP. Gunakan dosis sesuai dengan anjuran yang tertera di label kemasan.


3.Antraknose. 
 
Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum Lagenarium Pass. Gejala mua bercak-bercak coklat pada daun. Bentuk agak bulat atau bersudut-sudut sehingga daun mati, gejala bercak dapat meluas ke batang, tangkai dan buah. Bila udara lembab, ditengah bercak dapat meluas ke batang, tangkai dan buah.
 
Pengendaliannya pemberian Natural GLIO sebelum tanam.


4.Bercak Daun Bersudut. 
 
Penyebabnya cendawan Pseudomonas Lachrynmans, Menyebar pada musim hujan. Gejalanya, berupa daun berbercak kecil kuning dan bersudut; pada serangan berat seluruh daun yang berbercak berubah menjadi coklat muda kelabu, mengering dan berlubang. 
 
Pengendalian dengan pemberian Natural GLIO sebelum tanam. Penyakit lain yang menyerang tanaman mentimun, yaitu virus, kudis (scab) dan busuk buah (Lasarus, Pusluhtan).