Budidaya Kangkung Dengan Cara Hidroponik

Kali ini kami akan membahas tentang cara menanam kangkung hidroponik dengan benar dan baik. Anda dapat menyimak yang berikut ini jika ingin mencoba menanam kangkung secara hidroponik 

Bahan dan juga alat menanam kangkung hidroponik :
  • Bibit kangkung
  • Baskom ataupun pot 2 buah ( yang 1 pendek dan yang 1 tinggi )
  • Sekam atau pasir
  • Styrofoam
  • Pinset berguna untuk mengambil bibit kangkung
  • Cutter berguna untuk memotong styrofoam
  • Pinset berguna untuk mengambil bibit kangkung
  • Air
Cara menyemai biji kangkung hidroponik :
  1. Anda dapat menyiapkan satu buah baskom ataupun pot sebagai media tanam bibit. Gunakan yang pendek. 
  2. Untuk Media tanam yang anda digunakan adalah sekam, kemudian biarkan sekam dengan keadaan basah serta tidak perlu dicuci. Jika anda ingin menggunakan sebuah pasir sebagai media tanam, pasir tersebut harus dicuci lebih dulu seperti beras. 
  3. Selanjutnya Buatlah baris pada sekam, dengan memberi jarak 2 cm ukuran 1 cm. 
  4. Kemudian anda dapat menebarkan biji kangkung ke baris baris sekam, jangan bertumpuk tumpuk. Tutuplah kembali biji dengan menggunakan sekam sampai semua biji tertutup dan juga tidak terlihat. 
  5. Setelah 3 hari lamanya, jemur media tanam pada sinar matahari. Lalu Tanaman kangkung ini akan mulai terlihat dalam kurun waktu 5 hari. 
Cara menanam kangkung hidroponik :
  1. Pertama Siapkan satu buah baskom ataupun pot sebagai media tanam untuk kangkung. Gunakanlah yang tinggi. 
  2. Isikan baskom ataupun pot dengan air, tetapi tidak sempai penuh. Pada pH air yang digunakan netral, gunakan air sumur . 
  3. Lalu Ambil styrofoam, potong sesuai ukuran pada baskom ataupun pot yang akan di gunakan. Kemudian buatlah lubang pada styrofoam masing-masing dengan ukuran yang berdiameter 1 cm untuk tempat pada menanam kangkung. 
  4. Letakanlah styrofoam diatas air di dalam baskom ataupun pot. 
  5. Lalu Ambil bibit kangkung yang telah berusia 5 hari menggunakan pinset. cucilah terlebih dahulu akar dari kangkung dalam air dan menggoyangkan perlahan akar di dalam air. Selanjutnya Masukan dalam lubang styrofoam yang telah anda sediakan dalam baskom. 
  6. Kangkung bisa di panen dalam 25 sampai 30 hari sejak di tanam pada media. Anda bisa menyiapkan media tanam dengan yang anda kehendaki.