Budidaya Tanaman Jahe Di Dalam Pot

Jahe termasuk jenis tanaman kesehatan, fungsinya untuk menghangatkan tubuh, untuk meredakan batuk dan juga sebagai pelengkap minuman serta sayuran. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah dataran tinggi karena daerah tersebut bersuhu sejuk dan cocok untuk tanaman jenis jahe apalagi teknik menanam jahe tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Kebutuhan jahe di Indonesia sangat banyak, umumnya digunakan sebagai minuman anti masuk angin dan digunakan sebagai obat–obatan berbagai penyakit, jadi prospek tanaman jahe sangat bagus. Kali ini akan disajikan sebuah wacana tentang cara menanam jahe dalam pot.

sebelum melakukan penanaman langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit terlebih dahulu dan mensterilkan dari bakteri atau kuman yang ada pada bibit agar hasil panen nanti menjadi maksimal. Caranya bungkus bibit dengan karung kemudian masukkan ke dalam larutan fungisida selama 8 jam lalu jemurlah antara 2-4 jam, setelah dijemur baru dilakukan penanaman.

Langkah yang kedua adalah membuat lahan untuk tanaman. Caranya pilihlah tanah yang kondisinya bagus diamkan selama 2minggu terkena sinar matahari dengan tujuan untuk menghilangkan hama dan gas beracun yang ada pada tanah.

Menuju langkah selanjutnya yaitu proses tanam, caranya buat lubang pada pot dengan jarak yang secukupnya kemudian letakkan bibit jahe secara rimpang pada setiap lubang yang sudah dibuat. Untuk bibit jahe yang masih muda membutuhkan air yang cukup banyak sehingga perlu disiram secara teratur agar tanaman yang dihasilkan dapat tubuh secara maksimal. Jahe merupakan tanaman yang mempunyai umur panjang sehingga selama proses penanaman harus tersedia pupuk yang cukup. Sebaiknya untuk pemupukan menggunakan NPK 15-15-15, dosis yang digunakan adalah 20gram per tanaman, intensitas pemupukannya pada awal tanam dan pada saat jahe berumur 2 – 3bulan, 4 – 6bulan, 6 – 8bulan dan 8 – 10bulan.

Pada saat berumur lebih dari 4 bulan ke atas tanaman ini tidak membutuhkan banyak air sehingga penyiramannya bisa dilakukan beberapa hari sekali. Setelah mencapai umur sekitar 8 bulan jahe sudah bisa untuk dipanen, cara memanennya gunakan cangkul kecil untuk mengeluarkan jahe dari tanah kemudian bersihkan dengan air dan kemudian jahe siap untuk digunakan.

Itulah wacana mengenai cara menanam jahe dalam pot. Sebaiknya jika menanam jahe langsung pada porsi yang besar karena proses perawatan dan penanaman jahe sangat lama, apabila tanamnya dalam porsi besar maka panen yang dihasilkan bisa maksimal dan kerjanya menjadi ringan sehingga hasil panennya dapat dipasarkan dan mendapat keuntungan.

Sekian terima kasih