Cara Menanam Sistem Hidroponik NFT

Lahan anda sempit, kebutuhan air terbatas, sudah memakai pot tapi malas menyiram? Untuk itu hidroponik merupakan solusi yang cocok untuk anda. hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Sistem ini sekarang sangat berkembang karena dapat digunakan sebagai bisnis atau hobi menanam. Hidroponik memiliki jenis yang beraneka ragam salah satunya adalah sistem NFT ( nutrient film technique ) atau lapisan hara tipis. 

Untuk menghasilkan sayuran sebanyak 150 tanaman, bahan yang diperlukan adalah pipa paralon 3” 5 buah, keni L 3” 7 buah, wadah air yang 40 liter, 1 set pompa aquarium, gelas plastik bekas 160 buah, irisan batang pohon pakis serta pupuk NPK. 

Lubangi paralon tadi sebesar gelas plastik, dengan jarak 10 cm setiap lubang satu dengan yang lain, sesudah itu pasang pipa paralon, pompa listrik, dan keni menjadi sebuah bentuk seperti ular. Berikut cara menanam sistem hidroponik NFT yang dapat anda terapkan dirumah : 
  1. Isi gelas plastik tadi dengan irisan pohon pakis sebanyak sepertiga. Lalu letakkan benih sayur di atasnya, tutup kembali benih tadi dengan irisan pohon pakis setinggi 1 cm. 
  2. Masukan gelas tadi pada lubang yang ada di paralon, kemudian larutkan NPK dengan perbandingan 1-2 gram per liter air. Masukkan ke dalam wadah penampung sampai pada atas pompa listrik tadi. Lalu hidupkan pompa maka jadilah. 
  3. Air dalam wadah penampung tadi harus selalu berada di atas pompa, supaya pompa tidak panas serta cepat rusak sebaiknya setiap hari harus dikontrol. 
  4. Untuk penghematan anda bisa menggunakan talang plastik U untuk mengganti paralon. Alat ini digunakan untuk meletakkan gelas plastik tadi yang sudah diisi dengan benih dan media tanam, lalu gunakan gabus sebagai penutup talang. 
Kunci keberhasilan dalam menggunakan sistem hidroponik adalah pada penggunaan pupuk. Pupuk khusus yang digunakan untuk hidroponik bisa anda beli di pasaran karena sudah banyak beredar. Biasanya untuk komoditi sayur dan buah jenis pupuknya berbeda. Untuk model ini sebaiknya digunakan untuk menanam sayuran.

Media tanam yang berasal dari irisan pohon pakis dapat anda ganti dengan bahan lain yang ada di sekitar anda seperti arang, sekam, dan kerikil halus. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi anda dalam hal cara menanam sistem hidroponik NFT.