Jamur Sebagai Penyebab Penyakit

Jamur Sebagai Penyebab Penyakit

Jamur termasuk dalam dunia tumbuh – tumbuhan, tallophyta, akan tetapi tidak mempunyai klorofil, sehongga untuk hidupnya memerlukaan sumber bahan organik dari inangnya.

bentuk vegetatifnya yang berupa thallus, yaitu sistem berupa benang yang disebut hifa. dalam perkembanganya hifa – hifa tersebut dapat membentuk berbagai struktur khusus yang memliki fungsi tertentu yatu:
  • Haustorium, untuk menyerap unsur hara dari inang
  • Sclerotium, untuk melindungi diri dari keadan lingkungan yang kurang menuntngkan
  • Apresorium, untuk melekatkan diri pada inang dan sebagai persiapan menembus jaringan inang
  • Stroma, tempat melekatnay tubuh buah
  • Plectenchyma, merupakan jarinag yang tebal terbentuk dari anayaman hifa, biasanya merupakan dinding badan buah
  • Alat – alat reproduksi, seperti : gametangium, sporangium, dan sporangiofor, konidium, konidiofor, khlamidospora.
Jamur yang berpotensi sebagai penyakit yaitu yang berasal dari kelas :

1. Plasmodiophoromicetes

yaitu parasit pada tanaman dan jamur lainya, yang berkembang biak dalam jaringan inangnya dan menyebabkkan gejala hiperplastik pada tanaman inang dan menghasilkan bentuk – bentuk seperti tumor

2. Chytridiomycetes

yaitu parasit yang biasa menyebabkan kutil pada tanaman kentang

3. Oomycetes

Jamur yang menyebabkan penyakit hawar daun pada tananman kentang dan embun palsu pada tanaman anggur. gejala yang tampak dari penyakit ini adalah timbulnya garis – garis hiau muda pada permukaan daun setelah itu warna putih muncul pada permukaan bawah daun, selanjutnya bagian yang terserang akan mengering ,sehingga daun akan mengkriting dan gugur.

4. Zygomycetes

jamur yang menyebabkan busuk lunak pada ubi jalar. gejala yang nampak yaitu pada kulit umbi yang terinfeksi oleh jamur ini terdapat bercak berwarna coklat atau kehitaman yang tidak teratur. kemudian umbi yang teserang menjadi lunak, berair dan berserat – serat. pada daging buah mula -mula berwarna kuning akan menjadi putih dan lunak.

5. Ascomycetes

gejala yang ditimbulkan yaitu timbul bintik – bintik kecil berwarna hijau gelap (lebih gelap dari jaringan normal) pada daun, bunga, ranting atau cabang, kemudian bintik tersebut akan berwarna kehitaman. yang mengakibatkan mati kering. contoh penyakit yag disebabkan oleh jamur ini yaitu, penyakit “ scab “ pada tanaman apel, penyakit busuk buah dan kanker batang pada tanaman pear atau apel, penyakit tepung pada tanaman apel.

6. Basidiomycetes

gejala yang ditimbulkan oleh jamur ini yaitu pada daun terdapat bercak – bercak seperti karat. setelah daun terinfeksi, daun akan mati sebelum tua dan tanaman akan tumbuh kerdil. contohnya padapenyakit karat pada serelia


7. Deuteromycetes

Gejala awal dari serangan jamur ini ialah terjadinya pemucatan daun dan tulang daun. daun akan menguning dan layu sehingga daun mudah gugur. contohnya pada penyakit layu pada tanaman tomat.