Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu

Berdasarkan taksonominya, tanaman kamboja di klasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Malpighiales

Famili : Euphorbiaceae

Genus : Mannihot

Spesies : Mannihot esculenta

(Zaifbio, 2011)

DESKRIPSI TANAMAN

Habitat

Ubi kayu (Mannihot esculenta) dapat tumbuh subur di daerah yang ketinggiannya mencapai 1200 meter di atas permukaan air laut.

Habitus

Ubi kayu (Mannihot esculenta) termasuk tumbuhan berbatang pohon lunak atau getas (mudah patah).

Akar

System perakarannya yaitu tunggang atau dikotil.

Batang

Batang pada ubi kayu (Mannihot esculenta) bulat dan bergerigi yang terjadi dari bekas pangkal tangkai daun, bagian tengahnya bergabus dan termasuk tumbuhan tinggi.

Daun

Daun ubi kayu (Mannihot esculenta) memiliki tangkai panjang dan helaian daunnya menyerupai telapak tangan, dan tiap tangkai mempunyai daun sekitar 3-8 lembar.

Selain itu daun ubi kayu juga bersifat cepat luruh yang berumur paling lama hanya beberapa bulan. Tepi daun rata, dan susunan tulang daunnya yaitu menjari.

Bunga

Tanaman ubi kayu bunganya berumah satu (monoecus).

Buah

Bentuk ubi kayu (Mannihot esculenta) bermacam-macam, dan meskipun kebanyakan berbentuk silinder dan meruncing, beberapa diantaranya bercabang. Ubi yang terbentuk merupakan akar yang berubah bentuk dan fungsinya sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. Selain itu bentuk ubi biasanya bulat memanjang. Daging ubi mengandung zat pati berwarna putih gelap dan tiap tanaman menghasilkan 5-10 buah.

Biji

Di dalam ubi kayu terkotak-kotak berisi 3 butir biji.

Manfaat

Manfaat ubi kayu untuk kesehatan adalah dapat menyehatkan jantung dan mengendalikan darah dan menambah darah. Selain itu, ubi kayu juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit yaitu rhematik, sakit kepala, demam, diare, cacingan, beri-beri, luka bernanah dan dapat menambah stamina (Rukmana, 1997: 78).