Manfaat dan Khasiat Lengkuas

Siapa tak kenal lengkuas atau laos dalam baha jawa atau laja dalam bahasa sunda? Ternyata, lengkuas tidak hanya mendapatkan dan mengharumkan masakan, namun memiliki berbagai khasiat lur bias. Lengkuas (Langkuas galangal (L)) terdiri dari dua jenis, yaitu lengkuas yang berimpang putih dan merah. Rimpang merah ditengarai memiliki khasiat obat yang lebih baik.

Manfaat dan Khasiat Lengkuas:

Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhhan umbi-umbian yang bisa hidup didaerah daratan tinggi maupun daratan rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran buah masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaat lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang dan dicelupkan begitu saja kedalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Lengkuas mengandung galangol, alpine, kamfer, galangin, methycinnamate serta berkhasiat anti bakteri dan jamur. Lengkuas juga menambah nafsu makan, menghangatkan dan membersihkan tubuh (detoksifikasi)., mengencerkan dahak pada batuk, dan memiliki khasiat afrodisiak bagi pasutri yang memiliki masalah dengan gairah seksual. Sementara, ksndungan kimia lengkuas, yaitu, galangun, minyak atsiri, kaempfena dan eugenol berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, seperti mulas berlebihan, diare, kolik usus dan penyakit herfes. Cara mengkonsumsi lengkuas adalah dengan mengiris atau memarut kemudian saripatihnya dengan cara diperas atau diseduh, kemudian diminum. 

Manfaat dan Khasiat:

1. Gangguan; kembung, sebab.
2. Paru
3. Kurap
4. Eksema
5. Bercak-bercak kulit dan tahi lalat
6. Demam disertai pembesaran limpah
7. Pembersihan sehabis bersalin (nifas)
8. Radang telinga
9. Brontokhitis
10. Masuk angin
11. Diare
12. Sakit gigi karena angin dingin
13. Obat kuat (aphrodisiak).