Manfaat Jus Mentimun

Buah mentimun masih merupakan keluarga dari melon dan semangka. Di pasaran Indonesia, buah sayur yang satu ini harganya cukup murah dan relatif mudah untuk ditemukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket ternama.

Sama seperti sayuran lainnya,mentimun juga memiliki nutrisi yang cukup lengkap. Bahkan dengan diolah menjadi jus mentimun, kandungan gizinya sama sekali tidak berkurang. Berikut ini beberapa manfaat jus mentimun bagi kesehatan yang dikutip dari manfaatmentimun.blogspot.com:


1. Jus mentimun mengandung Vitamin A dan Vitamin C. Pada daging buah mentimun cukup banyak mengandung Vitamin C, sedangkan Vitamin A banyak terkandung pada kulitnya. Membuat jus mentimun dengan cara mengupasnya terlebih dahulu memang menambah kesegaran rasa jus mentimun, tetapi nutrisi Vitamin A yang terkandung dalam kulitnya banyak yang terbuang

2. Manfaat jus mentimun selanjutnya adalah mampu mengurangi retensi cairan. Mentimun memiliki kandungan air hampir 97%, yang dapat membantu meringankan retensi cairan. Asam caffeic dalam mentimun juga dipercaya mampu mengurangi peradangan dan dapat membantu mengurangi kristalisasi asam urat. Jus mentimun yang dicampur dengan wortel dipercaya mampu mengurangi gejala penyakit rematik yang disebabkan oleh tingginya tingkat asam urat dalam tubuh.

3. Jus mentimun juga mampu melancarkan pencernaan. Konsumsi jus mentimun juga dipercaya mampu mengatasi masalah pada pencernaan seperti kembung. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat dan air dari jus mentimun yang cukup tinggi. Selain itu jus mentimun juga memiliki asam melonat yang dipercaya mampu menghambat perubahan dari gula menjadi lemak sehingga berat badan tubuh ideal dapat terjaga.

4. Jus Timun digunakan sebagai obat penyakit typus. Cukup dengan minum jus timun yang disaring sehari 3x dipercaya mampu membantu penyembuhan penyakit typus. Hal ini disebabkan karena jus mentimun memiliki efek pendingin. Karena sifatnya yang memiliki efek pendingin ini, jus timun juga efektif meringankan luka bakar ringan dengan cara dikompres di tempat yang sakit.

5. Konsumsi jus mentimun yang dicampur dengan sedikit madu secara rutin sehari 2 kali dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek Samping Konsumsi Jus Mentimun

Meskipun manfaat jus mentimun cukup banyak dan baik kesehatan, ada sedikit efek samping yang patut untuk diwaspadai. Apabila Anda seorang gadis yang belum menikah, sebaiknya konsumsi jus mentimun dibatasi. Apabila terlalu banyak, akan menyebabkan keputihan.

Sebenarnya konsumsi jus mentimun sangat aman bagi kesehatan karena mentimun merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali kandungan gizi. Konsumsilah sewajarnya sesuai dengan dosis yang disarankan dan dapatkan manfaatnya yang luar biasa.