Manfaat Tanaman Cengkeh

Pohon cengkeh merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m, mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau, dan berwarna merah jika bunga sudah mekar.

Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkeh yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkeh juga digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkeh dalam minyak mineral; "chōji" berarti cengkeh; "yu" berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.
Bentuknya yang mungil, tidaklah semungil khasiatnya. Cengkeh yang kerap disandingkan dengan cabai, kayu manis, kunyit, dan rempah lainnya dalam meracik bumbu kari, ternyata juga dapat digunakan menyembuhkan ragam penyakit. Apa saja khasiatnya? Inilah sebagian kecil uraian dari manfaat cengkeh.

1. Sakit Gigi

Terganggu rasanya bila sakit gigi mewarnai hari-hari Anda. Untuk itu, cobalah gunakan cengkeh untuk mengurangi rasa sakit dahsyat tersebut. Kandungannya antiseptiknya dapat mengurangi infeksi pada gigi. Caranya, oleskan minyak cengkeh pada rongga dalam gigi yang berlubang. Setelah itu, rasakan perubahannya.

2. Gangguan Pencernaan

Cengkeh memiliki aliran enzimatik dan meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan zatnya berguna untuk mengatasi iritabilitas lambung dan dispepsia. Menjilati bubuk cengkeh goreng yang dicampur dengan madu secara efektif dapat mengendalikan muntah. Tindakan anestesi cengkeh juga bisa membantu menangani nyeri perut dan membuat muntah berhenti.

3. Batuk

Mengunyah cengkeh yang dicampur dengan garam dapat membantu mengeluarkan dahak Anda. Selain itu, kembang mungil itu juga dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan. Mengunyah cengkeh yang telah matang bisa menjadi obat efektif bagi batuk Anda.

4. Pereda Stress

Anda mungkin bosan dengan terapi-terapi pereda stress yang menggunakan bahan berbahaya. Untuk itu, tak ada salahnya bila mencoba cara alami yang terbuat dari cengkeh. Caranya, didihkanlah air yang dicampur dengan daun kemangi, daun mint, dan cengkeh. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Bila Anda suka madu, bisa ditambahkan dalam seduhan minuman tersebut. Secangkir minuman sehat ini bisa bantu meredakan ketegangan pada diri Anda.

Nah, luar biasa bukan? Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda mencoba manfaat tumbuhan asli Indonesia ini. Mungkin masih banyak lainnya manfaat cengkeh. Selamat mencoba.