Syarat Tumbuh Tanaman Cengkeh

Syarat tumbuh tanaman cengkeh adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam budidaya komoditas perkebunan yang dewasa ini kian banyak diusahakan oleh petani di tanah air. Tanaman yang berasal dari kepulauan Maluku ini cocok dan dapat tumbuh di daerah-daerah tropis seperti Indonesia. Syarat tumbuh tanaman ini sebenarnya hampir sama dengan tanaman petai, oleh karena itu jika di suatu daerah tanaman petai tumbuh dengan baik, maka daerah tersebut juga akan cocok untuk ditanami cengkeh. Kendati demikian, secara rinci syarat tumbuh tanaman cengkeh dapat dijelaskan melalui pembahasan berikut:

Tanah

Tanaman cengkeh dapat tumbuh pada tanah laterit dan tanah aluvial. Struktur tanah yang dikehendaki adalah tanah-tanah yang gembur dengan kedalaman tanah (solum) yang dalam. Tanah yang memiliki drainase dan aerasi yang baik seperti tanah berpasir sangat cocok ditanami cengkeh. Karena cengkeh tergolong tanaman dikotil yang sistem perakarannya akar tunggang, ia menghendaki kedalaman tanah optimal antara 2 sampai 3 meter.

Tanaman cengkeh tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki tingkat keasaman 4,5 sampai 7. Tanah-tanah dengan tingkat keasaman kurang 4,5 biasanya memiliki drainase yang buruk dengan kadar air tanah yang tinggi dapat menyebabkan pembusukan akar cengkeh. Sedangkan tanah-tanah yang alkalis atau tingkat keasamannya lebih dari 7 biasanya memiliki tingkat porositas yang tinggi. Tanah semacam ini umumnya memiliki kadar air tanah yang rendah sehingga dapat menyebabkan tanaman cengkeh mati kekeringan.

Tanaman cengkeh adalah tanaman yang sangat sensitif terhadap keadaan kadar air tanah. Keadaan ini menyebabkan drainase menjadi amat penting pada faktor tanah guna menunjang keberlangsungan usaha budidaya tanaman cengkeh. Oleh karena itulah cengkeh menghendaki tanah dengan tingkat kemiringan lahan (topografi) 0 sampai 50 persen (0 sd 45 derajat) agar jika hujan air tanah dapat tetap stabil. Pada tanah-tanah datar (tingkat kemiringan 0) kadar air tanah dapat dikendalikn melalui pembuatan rorak.

Iklim

Tanaman cengkeh tumbuh optimal pada daerah-daerah tropis antara 20o LU hingga 20o LS yang suhunya optimal untuk pertumbuhan tanaman cengkeh yakni antara 21 sampai dengan 35 derajat Celcius. Tanaman cengkeh menghendaki iklim lembab dan panas dengan musim kemarau yang relatif pendek. 

Tanaman dipanen bunganya ini dapat tumbuh pada elevasi antara 0 sampai 900 meter di atas permukaan laut, dan tumbuh optimal pada 200 sampai 300 meter di atas permukaan laut. Tanaman yang menghendaki iklimdengan curah hujan yang merata sepanjang tahun ini, tidak tahan terhadap musim kemarau yang berkepanjangan.