Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

A. Iklim

Semangka adalah tanaman asal Afrika, suatu daerah tropis dengan cahaya matahari yang senantiasa bersinar penuh dan suhu udara tinggi serta kering. Iklim yang kering dan panas, sinar matahari dan air yang cukup merupakan kebutuhan tanaman yang utama. Perkecambahan biji akan berlangsung dengan baik pada suhu 25'-30' C. Biji akan berkecambah setelah 5/6 hari. Suhu 18'-20'C merupakan suhu minimum untuk perkecambahan biji. Sebaliknya jika curah hujan berlebihan akan merusak tanaman.

Faktor iklim ini sangat menentukan keberhasilan pertanaman, pertumbuhan, dan kualitas buah. Jka kelembapan cukup tinggi tanaman mudah terserang penyakit daun, buah yang dihasilkan pun akan berkualitas rendah. Demikian pula suhu rendah pada pertanaman di dareah subtropik. Dengan kata lain tanaman semangka dapat digolongkan sebagai tanaman musim kering. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik sampai ketinggian 300 m di atas permukaan laut.

B. Tanah

Akar tanaman semangka menghendaki tanah yang sarang (porous). Pada tanah yang keras atau padat pertumbuhan akarnya tidak akan baik, kualitas dan hasil buah akan sangat rendah. Oleh karena itu tanah yang disukainya adalah tanah yang gembur dan subur, mengandung banyak bahan organik serta baik drainasenya, seperti tanah berpasir atau tanah lempung berpasir yang banyak mengandung nitrogen. Air hujan yang menggenang tidak saja merusak akar, tetapi juga keseluruhan tanaman. Tanaman semangka mempunyai toleransi cukup besar terhadap keasaman tanah, dapat tumbuh dengan baik pada pH 7. Pertumbuhan tanaman yang baik terjadi pada pH 6-6,7, Pada tanah-tanah yang alkalis serangan panyakit Fusarium dapat dihindari.