Budidaya Pohon Baku Yang Tepat

Indonesia di kenal dengan negara yang dikelilingi oleh laut, tentu saja anda sudah tak asing lagi dengan berbagai macam hal yang erat kaitannya dengan laut . Sebut saja salah satunya adalah pohon bakau atau yang juga sering disebut mangrove. Mangrove atau pohon bakau ini memiliki berbagai manfaat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan seperti halnya mencegah abrasi air laut, tempat berkembangbiaknya berbagai jenis ikan, dan juga tempat bersarangnya beraneka macam burung. 

Jadi dengan melestarikan pohon bakau maka diharapkan kelestarian lingkungan di daerah pantai tersebut dapat terjaga. Peda artikel berikut ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk memulai membudidayakan pohon bakau seperti di bawah ini. 
  1. Hal pertama kali yang harus anda perhatikan adalah tentang penyiapan bibit yang nantinya akan anda tanam. Cara pertama adalah dengan mengumpulkan buah mangrove dari pohon induk yang memang benar – benar bagus dan prima yang berasal dari daerah yang cukup dekat dengan wilayah anda. Hal ini penting agar anda dapat lebih tepat saat memilih lahan yang sesuai untuk mangrove ini. 
  2. Selanjutnya anda melakukan penyemaian buah mangrove yang telah anda kumpulkan tadi. Selain penyemaian anda juga bisa langsung melakukan penanaman buah mangrove tapi tentu saja peluang hidup benih yang disemai jauh lebih besar dari pada buah mangrove yang langsung anda tanam. 
  3. Lakukan proses penanaman pada daerah yang masih bisa terjangkau ketika air laut sedang pasang. Hal ini penting untuk anda cermati agar nantinya bibit bakau yang anda tanam tidak memerlukan penyiraman. 
  4. Selanjutnya mengenai pertumbuhan dari bibit pohon bakau yang anda tanam tersebut sangat bergantung pada kondisi alam sekitar. Misalnya saja jenis tanah tempat anda melakukan penanaman, pasang surut air laut, gelombang dan arus, iklim dan juga karena faktor alam lainnya. 
  5. Selanjutnya ketika bibit mangrove yang anda tanam telah tumbuh maka anda perlu melakukan perawatan. Ini dapat anda lakukan dengan cara memberikan sebuah tiang penyangga pada bibit bakau tersebut. Selain hal tersebut maka anda juga perlu melakukan pengawasan pada bibit bakau yang anda tanam agar pertumbuhannya dapat anda amati dengan baik. 

Dengan menanam pohon bakau maka anda telah melakukan sebuah upaya positif untuk menyelamatkan lingkungan.