Budidaya Tanaman Salada Secara Hidroponik

Budidaya selada hidroponik sederhana dan bisa dilakukan di rumah anda. Hidroponik sebenarnya merupakan cara ataupun teknik bercocok tanam menggunakan media tanam non tanah ataupun selain tanah. Pada media tanaman hidroponik bisa berupa sekam bakar, pasir , cocopeat, kerikil rockwool dll. Untuk Cara menanam selada hidroponik bisa dilakukan dimana saja seperti di halaman rumah, wadahnya juga dapat menggunakan pot , kaleng bekas cat, drum bekas ataupun botol mineral bekas.

Cara menanam selada hidroponik sebenarnya sangat cocok diterapkan pada daerah perkotaan ataupun daerah urban, sebab banyak manfaatnya yang diantaranya hemat tempat dan juga ramah lingkungan. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan dari menanam selada hidroponik.

1. Penyemaian Benih Selada

Semaian benih dari selada ini pada tray ataupun pada wadah semai, yang akan di gunakan benih dari selada yang tingkat germinasinya diatas 80%. Untuk media semai yang pada umumnya dan juga baik untuk di gunakan adalah rockwool. Karena Rockwool ini sangat praktis sebab memiliki daya serap air yang sangat tinggi dan juga steril tentunya. Bila benih telah cukup umur maka anda dapat memindahkan ke dalam media tanam.

2. Penyiapan media tanam

Anda dapat menggunakan media tanam yang memiliki poros yang dapat untuk di gunakan campuran sekam bakar dan juga pasir kerikil, ataupun campuran rockwool serta pasir kerikil. Lalu Tempatkan media tanam di wadah yang anda inginkan seperti pot ataupun kaleng bekas.

3. Pemberian Nutrisi

Anda dapat menggunakan nutrisi hidroponik yang tepat, maka pemberian nutrisi di dalam cara menanam hidroponik ini sangat penting untuk pertumbuhan tanaman selada. Anda bisa meracik sendiri ataupun membeli nutrisi hidroponik di setiap pasar. Pemberian nutrisi ini dapat dengan cara siram manual pagi serta sore hari, ataupun jika anda ingin lebih praktis anda dapat mencoba cara menanam hidroponik dengan melalui sistem sumbu ataupun wick. Teknik wick ini merupakn salah satu teknik dari hidroponik yang cukup sederhana.

4. Perawatan pada Selada

Perawatan pada selada yang menggunakan sistem hidropinik pada dasarnya tidak beda jauh dengan perawatan dengan penanaman sistem konvensional seperti di lakukan pemangkasan dan pembersihan gulma, serta pembersihan lainnya seperti tanaman lainnya.