Cara Memilih Bibit Semangka Yang Baik

Anda tentu sepakat jika 75% sukses tidaknya budidaya suatu tanaman tergantung pada kualitas bibit dan pembuatan benih. Begitu pula dengan budidaya semangka.

Langkah penting pertama yang harus anda lakukan adalah mencari bibit semangka yang baik. Sekarang hal itu cukup mudah dilakukan, karena sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian.

Anda hanya tinggal memilih saja, mau semangka tanpa biji atau triploid atau berbiji haploid. Tergantung selera dan biaya yang tersedia.

Setelah mendapatkan bibit yang bagus, selanjutnya adalah penyemaian. Kelihatannya sepele, tapi harus dilakukan dengan benar. Karena salah-salah benih yang tumbuh tidak sesuai harapan.

Sebelum disemai di media persemaian, ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan.

Pertama, regangkan sedikit biji semangka itu dengan menyayat kulitnya. Tujuannya supaya biji itu lekas berkecambah.

Kedua, setelah diregangkan, rendam biji tadi dalam larutan yang terdiri atas 1 liber air hangat dengan suhu kira-kira 20-25 derajat cellsius, 1 sendok teh hormon (atornik, menedael, abitonik), 1 sendok peres obat anti jamur (fungisida), dan setengah sendok teh peres bakterisida. Waktu perendaman kurang lebih 10-30 menit.

Setelah dirasa cukup, angkat biji dari air dan tiriskan hingga kering sempurna. Biji pun siap untuk disemaikan di media tanam.