Ciri-ciri Bibit Sawit Abnormal di Main Nursery

Berikut adalah Ciri-ciri Bibit Sawit Abnormal di Main Nursery yang harus anda ketahui, jika anda tidak tahu nanti akan berakibat fatal pada budidaya sawit anda, dan berikut ciri-cirinya : 
  1. Kerdil (runt/stunted)
  2. BIbit erect, akibat faktor genetik, daun tumbuh dengan sudut yang sangat sempit/tajam terhadap sumbu vertikal sehingga tumbuh tegak.
  3. Bibit yang layu dan lemah (limp)
  4. Bibit Flat top,akibat faktor genetik, daun yang baru tumbuh dengan ukuran yang makin pendek dari daun yang lebih tua, sehingga tajuk bibit terlihat rata.
  5. Short Internode, Jarak antara daun dan tulang pelepah (rakhis) terlihat sangat dekat dan bentuk pelepah tampak pendek.
  6. Wide Internode, Jarak antara daun pada rakhis terlihat sangat lebar. Bibit terlihat sangat terbuka dan lebih tinggi dari normal.
  7. Anak daun yang sempit dan melidi (narrow leaf)
  8. Anak daun tidak pecah (Ijuvenile)
  9. Daun berkerut (crinkle leaf)
  10. Chimaera, Sebagian atau seluruh daun secara seragam berubah menjadi pucat atau bergaris kuning terang yang sangat kontras dengan warna hijau gelap dari jaringan normal.
  11. Terserang crown disease, akibat faktor genetik, pelepah menjadi bengkok, melintir dan mudah patah.
  12. Blast, bibit biasanya berubah secara progressif ke arah cokelat dan mati perlahan-lahan dimulai dari daun yang lebih tua dan bergerak ke atas daun yang lebih muda.
  13. Bibit yang terserang busuk pada pucuk daun.
  14. dll, diamati kira-kira mana bibit yang tidak normal, atau beda dari teman-temannya.
Demikianlah Ciri-ciri Bibit Sawit Abnormal di Main Nursery, semoga bermanfaat