Manfaat Tanaman Kacang Panjang

Di Indonesia, kacang panjang populer dikonsumsi sebagai sayuran baik itu diolah terlebih dahulu maupun dalam keadaan mentah. Tanaman kacang panjang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Sebagai sayuran, konsumsi kacang panjang sangat bermanfaat sebab secara ilmiah diketahui bahwa kacang panjang mengandung berbagai komponen senyawa aktif yang memiliki efek pemelihara dan penyembuh bagi manusia. Sebagai tanaman obat, manfaat kacang panjang cukup banyak. Berikut beberapa penyakit yang bisa ditanggulangi dengan konsumsi kacang pajang.

Dari Anti-Kanker Sampai Pengusir Demam Berdarah

Selain dimanfaatkan sebagai bahan sayuran, kacang panjang juga digunakan sebagai bahan obat herbal yang tentunya aman. Kacang panjang diketahui bisa mengobati sederet penyakit antara lain kanker payudara, leukimia, sebagai anti-virus dan juga anti-oksidan, pengusir rematik, meningkatkan nafsu makan, menanggulangi anemia atau kurang darah, peluruh kencing atau diuretik dan juga mengatasi batu ginjal, mencegah kelainan anti-body, merangsang fungsi limfa, mengobati demam berdarah dan masih banyak lagi lainnya. Untuk masing-masing penyakit, bisa diatasi dengan konsumsi kacang panjang secara teratur. Secara spesifik, masing-masing penyakit memiliki racikan kacang panjang yang berbeda.

Resep Obat Dari Kacang Panjang

Berikut uraian singkat resep pengobatan dengan menggunakan kacang panjang. 

1. Manfaat kacang panjang untuk meluruhkan air seni siapkan 150 gram kacang panjang dan juga 30 gram kulit semangka. Tambahkan dengan air sebanyak 600 cc. Kemudian rebus hingga air susut menjadi kira-kira 200 cc. Saring airnya dan minum setiap hari secara teratur.

2. Untuk sakit pinggang, siapkan 200 gram biji kacang panjang. Tambahkan dengan 25 gram kencur dan juga 20 gram jahe merah. Rebus dengan 500 cc gingga airnya susut kira-kira 200 cc. Minum setiap hari secara teratur.

3. Untuk pembengkakan, siapkan 200 gram kacang panjang, tambahkan dengan 20 gram bawang putih dan gula merah dengan takaran secukupnya. Masak seperti sup dan konsusmsi secara teratur.

4. Untuk sembelit, siapkan 200 gram kacang panjang, tambahkan dengan 100 gram daun ubi jalar dan dimasak sesuai dengan selera Anda. Konsumsi secara teratur.

5. Sebagai Anti-kanker, siapkan kacang panjang, tambahkan dengan buncis, brokoli, wortel. Tumis dengan bumbu tertentu hingga matang, Konsumsi tertatur.

6. dll

Manfaat kacang panjang sebagai tanaman obat herbal memang cukup membantu. Sebag harga kacang panjang cukup murah dan ketersediannya cukup melimpah di Nusantara. Akan tetapi, sebagai obat herbal, konsumsi kacang panjang haruslah teratur. Sebab efek dan khasiatnya bagi kesehatan tidak secepat obatan kimia. Ketelatenan Anda mutlak diperlukan. Selamat mencoba.