Syarat Tumbuh Tanaman Buah Duku

Dalam melakukan usaha budidaya tanaman buah duku agar dapat tumbuh dan berproduksi yang maksimal serta mempunyai mutu yang baik maka harus memperhatikan dan mengerti syarat tumbuh tanaman buah duku dengan baik. Tanaman buah duku termasuk macam spesies Lansium, di dunia ini dikenal tiga macam spesies Lansium yang mirip satu sama lain, yaitu duku, langsat, dan pisitan. Namun, yang terkenal adalah duku dan langsat. Buah duku ( Lansium Domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Kini Buah duku hampir tersebar luas diseluruh wilayah Asia dan menjadi salah satu primadona buah tropis.

Tanaman buah duku merupakan tanaman tropis beriklim basah yang berasal dari Indonesia namun ada juga tanaman buah duku yang menyebut berasal dari Asia Tenggara bagian Barat dan juga Semenanjung Thailand di sebelah Barat. Adapun sentra-sentra produksi buah duku di Indonesia antara lain di daerah Jawa (Surakarta Karanganyar, Kulonprogo, Singosari, Malang dan Jakarta, dipasar minggu, dan Condet), Sumatera (Komering, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bangka Barat, Bangka Tengah, hingga Bangka Selatan). Negara penghasil buah duku adalah Filipina, Malaysia dan Indonesia

Duku ini mempunyai banyak varietas ada yang buahnya besar sekali, tetapi ada pula yang kecil. Ada yang berbiji besar, ada pula yang tidak berbiji, tetapi ada pula yang apomiksis (biji vegetatif). Jenis yang banyak dibudidayakan adalah varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. 

Tanaman buah duku dapat tumbuh subur dan berproduksi baik bila dibudidayakan pada tanah yang banyak mengandung bahan organik, subur. 

Tanaman duku pada umumnya dapat tumbuh di daerah yang curah hujannya tinggi dan merata sepanjang tahun. Tanaman duku tumbuh secara optimal di daerah dengan iklim basah atau agak basah yang bercurah hujan antara 1500-2500 mm/tahun. Tanaman buah duku tumbuh optimal pada cahaya matahari tinggi. Tanaman buah duku dapat tumbuh baik dengan derajat keasaman tanah (pH) sekitar 6-7.

Tanaman duku tidak menghendaki air tanah yang menggenang karena dapat menghambat pertumbuhan dan produksi tanaman. Tanaman duku lebih menyukai tempat yang agak lereng karena tanaman duku tidak dapat tumbuh optimal pada kondisi air yang tergenang. Sehingga jika tempatnya agak lereng, air hujan akan terus mengalir dan tidak membentuk suatu genangan air. Ketinggian Tempat Umumnya tanaman duku menghendaki lahan yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 650 m dpl.

Buah duku dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman buah duku termasuk jenis pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali. Tanaman buah duku akan bermunculan bunganya di awal musim hujan (September-Oktober) dan pada enam bulan kemudian buah dapat dipanen yaitu sekitar bulan (Februari-Maret). 

Tanaman duku dapat tumbuh subur jika terletak di suatu daerah dengan suhu rata-rata 190 C . Kelembaban udara yang tinggi juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman duku, sebaliknya jika kelembaban udara rendah dapat menghambat pertumbuhan tanaman duku.