Taksonomi dan Morfologi Mikoriza

Nama mikoriza berasal dari bahasa Yunani yaitu Mikos (Cendawan/fungi) dan Rhyza (akar), yang berarti cendawan akar. Sebagaimana dikemukakan oleh Harley dan Smith (Moses, 2000: 5) bahwa istilah mikorhiza pertama kali dikemukakan oleh Frank (1885) untuk menggambarkan suatu hubungan simbiosis antara jamur/fungi dengan akar tumbuhan.

Sebagaimana dikemukakan oleh Smith and Read (Purnomo, 2008) bahwa bentuk struktur khas mikoriza dapat dibedakan berdasarkan cara infeksinya pada perakaran tanaman inang, yaitu (1) endomikoriza, merupakan struktur mikoriza yang terbentuk sampai kedalam sel korteks akar, (2) ektomikoriza, merupakan struktur mikoriza pada lapisan luar akar yang bentuknya berupa jala hartig; dan (3) ektendomikoriza, merupakan struktur mikoriza yang tidak hanya dapat membentuk jala hartig dipermukaan akar, tetapi dapat menembus sel korteks.

Endomikoriza mempunyai arbuskula dan pada beberapa genus mempunyai vesikula. Arbuskula yaitu menyerupai struktur pohon kecil dari percabangan hifa berfungsi sebagai tempat pertukaran metabolit antara jamur dan tanaman. Arbuskula merupakan tempat pertukaran metabolit antara jamur dan tanaman. Adanya arbuskula sangat penting untuk mengidentifikasi bahwa telah terjadi infeksi pada akar tanaman (Delvian, 2006). Vesikula berbentuk globose berasal dari menggelembungnya hifa jamur mikoriza fungsinya sebagai organ penyimpan makanan dan sebagai propagul (organ reproduktif).

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama biologi molekuler telah mengubah sistem klasifikasi endomikoriza. Hasil revisi klasifikasi fungi mikoriza arbuskula yang didasarkan pada morfologi spora dan DNA ditemukan tujuh genus pembentuk arbuskular yang diklasifikasikan dalam Ordo Glomales/Glomeromycota oleh INVAM (Wilarso, 2009), sebagaimana tertera pada gambar 2. Glomus aggregatum, Glomus fasciculatum, dan Glomus mosseae dalam taksonominya diklasifikasikan sebagai berikut :
Filum : Zygomycota

Ordo : Glomeromycota

Sub-ordo : Glomineae

Famili : Glomaceae

Genus : Glomus

Spesies : Glomus aggregatum; Glomus fasciculatum; Glomus mosseae