Teknik Pembibitan Utama (Main nursery) Kelapa Sawit

Pembibitan utama merupakan tahap kedua dari sistem pembibitan dua tahap. Di pembibitan utama bibit dipelihara dari umur 3 bulan hingga 12 bulan.

Persiapan dan Pengolahan Tanah

Persiapan dilakukan dengan meratakan areal yang akan dijadikan sebagai lokasi pembibitan utama. Membersihkan semua areal dari gulma dan kayu-kayuan yang dapat menganggu dari proses pelaksanaan pembibitan utama.

Pemancangan

Jarak tanam bibit di pembibitan main-nursery tergantung dari lamanya bibit di pelihara di main-nursery. Setelah persiapan areal pembibitan selesai/bersih, kemudian dibagi menjadi blok-blok, tiap blok di bagi lagi menjadi petak-petak dan anak petak, jalan serta parit maka pelaksanaan pemancangan dapat dimulai sesuai dengan jarak tanam yang dikehendaki, sedangkan jumlah baris, polibag perbaris dan arah barisan tergantung dari bentuk areal.

Pengisian Tanah ke Polibag

Pengisian tanah dengan lapisan atas tanah mineral harus cukup padat, pada waktu pengisian polibag perlu diguncang (bump) untuk menghilangkan rongga-rongga udara. Pengisian tanah di usahakan sampai kurang lebih 3 - 5 cm. Media tanah sebelum diisikan ke polibag sebaiknya digemburkan dan diayak untuk menghindarkan terikutnya kerikil dan akar. Setelah pengisian, penyiraman perlu dilakukan selama 7 - 10 hari. Polibag yang isian tanahnya kurang dan jika memungkinkan isian tanah ditambah atau bibir polibag terpaksa dilipat agar air penyiraman dapat masuk kedalam polibag, tanah isian sebaiknya cukup gembur dan halus maupun bebas dari akar, batuan dan penyakit busuk pangkal batang (ganoderma sp). Pencampuran media tanah dengan fosfat sangat dianjurkan.

Pembuatan Lubang Tanam di Polibag

Untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan lubang tanam pada media tanam dipolibag perlu dibantu dengan alat khusus seperti sekop kecil, tugal dan bor tanah, kedalaman lubang disesuaikan dengan ukuran polibag kecil. Berapa hal yang perlu diperhatikan pada saat persiapan tranplanting:
  1. Media tanam polibag perlu disiram air sampai jenuh sehari sebelumnya untuk mempermudah pembuatan lubang.
  2. Pembuatan lubang dengan alat tanam diusahakan pada bagian tengah permukaan tanah polibag agar pertumbuhan akar tanaman merata.
  3. Pada setiap lubang tanam diberikan pupuk NPKMg 15 - 15 - 6 - 4 sebanyak 5 gr.
Penanaman Bibit

Pemindahan bibit dari pre-nursery dapat dilakukan pada saat bibit berumur 3 - 3,5 bulan atau telah berdaun 3 -4 helai (pelepah) dan setelah dilakukan seleksi dengan ketat. Umur tersebut sampai saat ini merupakan standard baku yang dianggap paling baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemindahan dan penanaman bibit dari pre-nursery ke main-nursery adalah:
  1. Pemindahan sebaiknya dilakukan pada umur yang tepat yaitu 3-3,5 bulan (atau bibit berdaun 3-4 helai)
  2. Pemindahan bibit berumur muda dapat meningkatkan resiko kematian/kerusakan bibit.
  3. Sedangkan pemindahan bibit berumur >5 bulan menyebabkan stagnasi dan biasanya bibit telah mengalami etiolasi di pembibitan pre-nursery.