Jenis Akar dan Fungsinya

Akar Gantung

Akar ini tumbuh dari bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akartersebut menggantung di udara, tumbuh ke arah tanah. Akar ini disebut juga akar hawa. Akar ini berfungsi menghisap udara untuk pernapasan.

Akar Napas

Contoh akar napas adalah akar pohon kayu api. Akar napas tumbuh tegak lurus ke atas. Akar ini muncul ke permukaan tanah atau air. Akar napas ada yang dimiliki oleh tumbuhan air maupun darat. Akar napas merupakan cabang-cabang akar yang memiliki banyak celah. Celah ini sebagai jalan masuk udara untuk pernapasan.

Akar Pelekat

Contoh akar pelekat adalah akar pohon sirih. Akar pelekat tumbuh pada buku-buku batang. Akar jenis ini dimiliki oleh tumbuhan-tumbuhan yang merambat/memanjat.

Akar Banir

Akar ini banyak terdapat pada tumbuhan jenis tropik.yaitu sebagai pengkokoh berdirinya suatu pohon,biasanya pohon yg memiliki akar banir adalah pohon - pohon besar.

Akar Penghisap

Akar ini terdapat pada tumbuhan jenis parasit seperti benalu.berguna sebagai alat penghisap dari tumbuhan seperti benalu terhadap inang yang ditumpanginya.

Akar Tunjang

Contoh akar tunjang adalah akar pohon pandan dan bakau. Akar ini berguna untuk menunjang batang agar tidak rebah. Akar ini tumbuh dari bagian bawah akar ke segala arah.

Akar Pembelit

Akar pembelit berkembang pada tumbuhan yang memanjat seperti pada vanili (Vanilla planifolia). Mirip dengan akar pembelit adalah akar pelekat. Akar pelekat muncul dari buku-buku batang tumbuhan memanjat. Contohnya adalah tumbuhan sirih (Piper betle), lada (Piper nigrum) dan anggrek. Akar tersebut berfungsi melekatkan batangnya pada pohon inang. Alat pembelit selain akar adalah sulur pada tumbuhan bersulur.

Akar Lutut

yaitu bagian akar yang tumbuh ke atas lalu membengkok lagi masuk kedalam tanah. Akar ini berfungsi seperti halnya dengan akar nafas yang terdapat pada tumbuhan di tepi pantai yang rendah berlumpur. Misal pada pohon tanjang (Bruguiera parivolia W. Et A.).