Jenis Tanah dan Pemanfaatan Untuk Pertanian

Pada dasarnya, tanah merupakan suatu lapisan yang berada di permukaan bumi, berbentuk padat (tetapi bukan batuan), dengan penyebaran secara horizontal dan vertikal yang berbeda untuk satu daerah dengan daerah yang lainnya. Tanah sangat mendukung berbagai aktivitas kehidupan manusia dan organisme lainnya. dan dapat dikatakan, tanpa adanya tanah, hampir setiap jenis aktivitas kehidupan manusia akan terganggu. 

Pengertian tanah bukanlah hal yang baku. Definisi tanah akan berbeda antar satu manusia dengan yang lainnya tergantung oleh profesi dan sejauh mana hubungan manusia tersebut dengan tanah. Bagi seorang ahli ilmu tanah, tanah adalah suatu lapisan bahan alami yang terbentuk akibat adanya pengaruh-pengaruh seperti iklim, organisme, batuan induk, topografi, dan waktu. Adanya perbedaan setiap faktor juga menyebabkan perbedaan jenis dan karakteristik tanah yang dibentuk. 

Dalam bidang pertanian, tanah lebih diidentikkan dengan tempat atau media tumbuh tanaman. Hal ini karena paling tidak tanah memiliki empat fungsi utama: 
  1. Tempat tumbuh dan berkembangya perakaran yang memungkinkan tanaman tumbuh tegak dan mendapatkan nutrisi makanan. 
  2. Penyedia kebutuhan pokok tanaman seperti air, udara, dan beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan tanaman untuk tumbuh, bekembang, dan menghasilkan. 
  3. Penyedia kebutuhan sekunder yang berfungsi untuk menunjang metabolisme tanaman seperti zar pengatur tumbuh, enzim, dan antibiotic-antibiotik. 
  4. Habitat biota tanah yang seringkali menunjang pertumbuhan tanaman. 
Seperti telah dsebutkan di atas, tanah memiliki persebaran secara vertikal dan horizontal. Persebaran vertical hanya dipengaruhi oleh jenis tenah. Persebaran secara horizontal disebabkan oleh perbedaan keadaan iklim, topografi, bahan batuan induk, organisme, dan waktu yang menyebabkan setaip daerah memiliki jenis dan karakter tanah yang juga berbeda-beda. Perbedaan jenis taah juga akan menyebabkan perbedaan pemanfaatan untuk pertanian karena setiap tanaman memiliki syarat tumbuh yang berbeda-beda berkaitan dengan sefat dan kerakter tanah. 

Berikut adalah jenis,karakter, persebaran, dan pemanfaatan tanah untuk pertanian:

1. Tanah Regosol

2. Tanah Latosol

3. Tanah Organosol

4. Tanah Alluvial

5. Podzalik Merah Kuning

6. Tanah Laterit

7. Tanah Litosol

8. Tanah Rendzina

9. Tanah Mediteran

10. Tanah Grumosol

Walaupun setiap jenis tanah memiliki perbedaan karakteristik yang membedakan antara satu jenis tanah dengan jenis yang lain, pada dasarnya setiap jenis tanah dapat dimodifikasi sedemikian rupa agar suatu jenis tanah dapat mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan hasil untuk semua jenis tanaman. Hanya tinggal bagaimana ahli-ahli dan setiap orang yang bekerja dipertanian jeli dan mampu memanfaatkan semua yang ada.