Manfaat Tanaman Pare Untuk Kesehatan

Manfaat pare merupakan makanan pahit yang bermanfaat melimpah. Selain menjadi kuliner yang nikmat dengan resep-resep masakan Indonesia, namun bagi yang menyukainya akan memperoleh manfaat yang melimpah seperti berikut ini :

Mencegah kanker

Kanker merupakan musuh besar bagi setiap orang, baik pria atau wanita. Pada wanita sendiri ancaman terhadap gejala kanker serviks, payudara dan juga kanker prostat bagi pria adalah pembunuh nomor satu. Penting untuk mencegah sel kanker ini tumbuh diam-diam dalam tubuh. Zat lesichin pada pare mempunyai kemampuan untuk mencegah sel kanker yang meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker.

Mencegah diabates

Manfaat pare sudah dipercaya untuk digunakan pada cara mencegah diabetes, dengan mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan. Kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare mampu mengatasi peyakit diabetes.

Membersihkan darah

Darah bersih akan mengalirkan segala pasokan tubuh ke seluruh tubuh dengan baik, maka dari itu manfaat pare ini mampu membersihkan darah. Mencampurkan nya pada makanan sehat untuk diet pada makan siang dan makan malam.

Melancarkan pencernaan

Serat alami dari tumbuhan adalah cara alami untuk melancarkan buang air besar dengan aman. Kandungan serat pada manfaat pare, vitamin C, kalium dan karoten dan rasa pahit pada sayuran pare ini, ternyata sangat baik untuk membantu dalam mengatasi masalah pencernaan.

Meredakan asma

Pada banyak penelitian, konsumsi sayuran pare ini, memberikan respon terhadap indera pengecapan, sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Hal tersebut sangat baik untuk para penderita asma.

Manfaat Pare Untuk Diet Sehat

Berbagai manfaat pare untuk kesehatan yang sudah diuraikan di atas memang sangat baik, namun manfaat pare untuk program diet. Makanan sehat untuk diet akan menunjang program diet berjalan dan membuahkan hasil. Mengapa manfaat pare ini sangat efektif untuk program diet, berikut ini adalah alasannya :
  • Buah pare memiliki kepadatan kalori yang rendah, sehingga jika memakan pare dalam jumlah banyak, berat bandan tidak akan bertambah secara drastis.
  • Pare mengandung kadar air yang tinggi sekitar 90% dan bebas kalori. Semakin banyak air yang dikonsumsi, nafsu makan akan berkurang karena merasa lebih kenyang. Kandungan serat dalam pare sebesar 2,6 gram jadi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna yang menyebabkan rasa lapar.
Manfaat Buah Pare Untuk Mempercantik Kulit

Terik matahari akan membakar kulit wajah Anda. Akibatnya wajah akan berkerut, kusam, dan rusak. Nah, untuk mencegah kerusakan wajah harus dilakukan perawatan khusus, salah satunya dengan menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet.

Pare Sebagai Alat Kontrasepsi Alami

Jika anda ingin menunda memiliki anak ada baiknya mencoba sayuran yang satu ini, menurut penelitian Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo dari universitas Diponegoro Semarang, mengkonsumsi pare dapat mengurangi produksi sperma, bahkan jika dikonsumsi terus menerus dapat mematikan sperma hingga tidak ada sperma sama sekali. Wow.... tampaknya ampuh sekali sebagai alat kontrasepsi alami. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Efek Samping Buah Pare

Sebagai herba pereda diabetes, pare memang efektif. Namun, jangan kalap! Waspadai efek sampingnya, terutama bagi para pria. Makan pare atau minnum jusnya secara berlebihan dan terus-menerus bisa membahayakan kesehatan. Mengutip pernyataan Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo, M.S.Med., Sp. And. dari Universitas Diponegoro Semarang, jika mengalami gangguan seksual, sebaiknya hentikan mengkonsumsi pare.

Konsumsi pare terus-menerus dapat mematikan sperma hingga tak ada sperma sama sekali, mengakibatkan impoten, merusak buah pelir dan produksi hormone pria, bahkan berpotensi merusak liver. Buah pelir kalau sudah rusak, tak mudah “direparasi”. Menurut F.G. Winarno, emeritus guru besar Fakultas Tehnologi Pangan dan Gizi IPB Bogor, meskipun efek racunnya kecil, wanita hamil sebaiknya membatasi konsumsi pare. Pada percobaan terhadap tikus bunting, pemberian jus pare mengakibatkan keguguran.

Dalam tulisannya, dr. Handrawan Nadesul menegaskan hingga kini belum ditemukan dosis efektif dan aman untuk mengendalikan diabetes. Karena itu, waspadai pemakaian pare secara berlebihan, apalagi jika dikombinasikan dengan obat antidiabetes dari dokter. Jika kadar gula darah kita cenderung rendah (kurang dari 80 mg/dl), seyogyanya tidak berlebihan menyantap pare. (sumber : Nirmala)

Tips Memilih Pare

Baiklah kita sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari buah sayur Pare ini, bagaimana cara memilih pare yang ingin dikonsumsi, berikut beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan rujukan :
  • Pilih pare yang masih segar, kita bisa melihatnya dari kontur kulit dan warnanya yang berwarna hijau cerah.
  • Jika Anda tidak terlalu suka dengan rasa pahit pada pare, coba pilih pare dengan benjolan yang lebih mononjol atau besar-besar, pare jenis ini biasa disebut pare jantung.
Bagi yang tidak mau berkompromi dengan rasa pahit dari buah ini, dapat mencoba beberapa cara berikut :
  • Dicuci Dengan Air Garam.
  • Direbus Dengan Lempengan Tanah Liat.
  • Direbus dengan daun jambu biji.