Hama Utama Tanaman Avokad (Persea gratissima)

Hama Utama Tanaman Avokad (Persea gratissima)

Pengendalan hama merupakan salah satu aspek terpenting dalam teknis budiaya tanaman avokad. Kehilangan hasil akibat serangan hama dapat mencapai lebih dari 80% ketika dibiarkan saja. Berikut adalah hama penting pada tanaman avokad beserta gejala serangan yang ditimbulkan. 

1. Ulat kipat 

Ulat kipat memakan daun tanaman avokad sehingga daun yang diserang menjadi rusak, tidak utuh lagi, dan bahkan jika seranganna parah bisa menyebabkan daun gundul dan terdapat kepompong yang bergelantungan di pohon avokad. 

2. Ulat kupu-kupu gajah 

Kupu-kupu gajah memiliki sayap yang sangat besar (bisa mencapai 25 cm), berwarna coklat kemerahan, dan berbentuk segitiga transparan. Tubuh berwarna hijau dan tertutup tepung sehingga warnanya menjadi terihat kecoklatan.panjang tubuh mencapai 15 cm dan mempunyai duri yang berdaging. Serangan hampir sama dengan ulat kipat tetapi kepompongnya tidak bergelantungan, melainkan berada diantara daun. 

3. Tungau merah 

Tungau merah juga menyerang daun avokad. Daun yang terseran awalnya hanya menampakkan gejala bintik-bintik kuning. Ketika dibiarkan saja, daun yang terserang tadi akan berwarna merah seperti karat. Di bawah permukaan daun terdapat anyaman benang yang halus. Serangan yang hebat menyebabkan daun layu dan rontok. 

4. Aphis Kapas 

Hama ini menyereng daun avokad dengan cara mengeluarkan embun mau yang ditumbuhi jelaga cendawan sehinga daun menjadi hitam dan semut berdatangan. Serangan hebat dapat menyebabkan tanaman kerdil dan berpilin. 

5. Kutu dompolan putih 

Kutu dompolan menyerang beberapa organ tanaman sekaligus. Tunas muda, daun, batang, tangkai bunga, tangkai buah, dan buah yang terserang akan terlihat pucat, tertutup masa berwarna putih dan akan kering. 

6. Lalat buah 

Lalt buah akan menusuk dan memasukkan telurnya ke dalam buah avokad. Serangan ditandai dengan adaya bintik hitam pada permukaan buah. Akibat serangan, buah menjadi busuk karena adanya larva yang tinggal di dalam buah. 

7. Kumbang bubuk cabang 

Kumbang bubuk menyerang cabang atau anting avokad. Serangan ditandai dengan adanya lubang pada cabang atau ranting yang terserang. Adanya lubang mengganngu metabolisme yang terjadi pada xylem dan floem yang mengakibatkan traspor hara dan hasil fotosintesis menjadi terganggu. 

8. Codot 

Codot brtubuh seperti kelelawar yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Codot memakan buah yang matang pada malam hari sehingga kehilangan hasil lebih tampak secara nyata. Serangan codot ditandai dengan adanya lubang bekas gigitan di buah avokad.

Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta.