Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer di dunia dan salah satu yang paling bergizi diantara buah-buahan lainnya. Sebuah jeruk mengandung lebih dari 60 senyawa flavonoid yang berbeda dan juga mengandung lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda pula. Senyawa-senyawa ini memiliki beragam sifat yang berhubungan dengan penyembuhan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jeruk adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan daripada mengonsumsi suplemen. Buah jeruk juga diketahui dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, buah jeruk menawarkan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Mencegah kanker

Buah jeruk dipercaya dapat membantu melawan kanker. Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa jeruk dapat mengurangi risiko kanker perut, mulut, serta kanker laring sebesar 40 sampai 50 persen. Jeruk merupakan sumber potensial dari vitamin C, antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar dan jenis kanker lainnya.

Menjaga kesehatan pernapasan

Jeruk mengandung karotenoid yang disebut beta-cryptoxanthin. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention” menemukan bahwa makanan yang kaya beta-cryptoxanthin seperti jeruk dapat menjaga kesehatan pernapasan dan bahkan mengurangi risiko kanker paru-paru sebesar 27%.

Mencegah kerusakan sel-sel dari radikal bebas

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan sekunder yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Vitamin C dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga diakui dapat menjaga kesehatan mata (mengurangi risiko katarak). Selain itu, antioksidan dalam buah jeruk dapat mencegah stres oksidatif tubuh serta dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan penuaan dini dengan menetralisir radikal bebas.

Meningkatkan imunitas

Konsentrasi tinggi vitamin C yang ditemukan dalam jeruk diyakini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempersulit datangnya penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Konsumsi buah jeruk secara rutin merupakan cara yang bagus untuk membantu mencegah datangnya flu.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah jeruk menawarkan serat yang dapat membantu mendukung kesehatan sistem pencernaan dan dapat membantu proses penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan metabolisme tubuh. Serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mempertahankan keseimbangan gula darah penderita diabetes

Fruktosa alami dalam jeruk diyakini dapat membantu mengatur level gula darah pada orang yang menderita diabetes.

Menurunkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis

Jeruk merupakan sumber kalium (potasium) yang baik. Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Kalium juga berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang. Kekurangan kalium berhubungan dengan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Sebagai anti-inflamasi

Studi menunjukkan bahwa jeruk bisa berperan sebagai anti-inflamasi berkat zat kimia dalam jeruk yang disebut hesperidin. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa hesperidin dapat mengurangi peradangan. Peradangan kronis dapat berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, arthritis, dan kondisi lainnya.