Manfaat Sehat Buah Apel Yang Jarang Diketahui

Makan satu apel sehari akan menjauhkan Anda dari dokter. Itu pepatah lama yang bisa dibuktikan kebenarannya. Apel adalah salah satu buah yang dikenal memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Namun ternyata masih ada saja manfaat kesehatan dari buat apel yang terlewatkan.

Ada beberapa manfaat kesehatan buah apel yang jarang sekali dibahas dan diketahui oleh banyak orang. Apa saja? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Daily Health Post (19/02).

1. Memperpanjang usia

Berdasarkan penelitian oleh American Chemical Society tahun 2011, peneliti mengungkap bahwa apel memiliki khasiat memperpanjang usia hingga 10 persen pada binatang. Penelitian juga menunjukkan bahwa zat dalam apel bisa meningkatkan kemampuan motorik binatang. Meski penelitian ini dilakukan pada binatang, namun peneliti juga menjelaskan bahwa hal tersebut bisa berlaku pada manusia.

2. Meningkatkan kemampuan mengingat

Berdasarkan penelitian dari University of Massachusetts Lowell, mengonsumsi apel bisa meningkatkan produksi senyawa kimia yang menjadi penghubung antar sel otak yang bernama acetylcholine. Acetylcholine adalah hormon yang memiliki banyak fungsi termasuk membantu otak membentuk struktur baru yang pada gilirannya akan membantu otak lebih mudah mengingat. Selain itu, zat ini juga mencegah penurunan kemampuan mental pada orang yang sudah lanjut usia.

Hal tersebut didukung oleh penelitian terbaru yang menemukan bahwa mengonsumsi buah-buahan kaya antioksidan seperti apel bisa mencegah masalah yang berkaitan dengan ingatan seperti kepikunan dini.

3. Mencegah serangan jantung dan stroke

Serangan jantung, stroke, dan penyakit yang menyerang arteri berkaitan dengan kolesterol jahat (kolesterol LDL). Di sini, apel bisa membantu Anda untuk mencegahnya karena apel memiliki kemampuan menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga 23 persen. Uniknya, apel berhasil menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah segala macam penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke tersebut tanpa efek samping seperti obat penurun kolesterol lainnya.

4. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Hawaii, terdapat kaitan antara mengonsumsi apel dengan risiko terkena kanker paru-paru pada pria dan wanita. Penelitian ini mengungkap bahwa mengonsumsi apel secara teratur bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 40 - 50 persen. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kadar antioksidan yang terdapat dalam apel. Antioksidan pada apel akan mematikan hormon yang berkaitan dengan munculnya kanker pada paru-paru. Sementara itu, penelitian lain di Harvard Medical School mengungkap bahwa konsumsi apel secara teratur akan menurunkan risiko kanker paru-paru pada wanita hingga 21 persen.

Itulah beberapa manfaat kesehatan buah apel yang jarang diketahui oleh banyak orang. Manfaat di atas semakin memperkuat bahwa apel merupakan salah satu buah yang menyehatkan dan baik dikonsumsi setiap hari. Tunggu apa lagi? Apel cukup murah dan mudah didapatkan, serta mengandung banyak manfaat kesehatan!