Membuat Susu Kedelai Yang Kaya Manfaat Kesehatan

Membuat Susu Kedelai yang Kaya Manfaat Kesehatan

Anda suka minum susu kedelai karena alergi pada susu sapi? Nah, dari pada membeli, lebih baik buat sendiri saja susu kedelai untuk konsumsi keluarga di rumah. Susu ini tak kalah kandungan protein dan vitamin serta nutrisi lainnya lho, dibanding susu sapi.

Khasiatnya juga banyak, yaitu membuat kulit lembut, anti penuaan dini, serta mencukupi kebutuhan protein dan kalsium Anda.

Bagaimana cara mambuatnya? Berikut resep susu kedelai untuk Anda:

Bahan :
  • ¼ kg kedelai, bersihkan dari kotoran yang ada
  • 1-1,5 liter air
  • Gula secukupnya
  • Garam seujung sendok teh
  • 2 lembar daun pandan wangi
Cara membuat :
  1. Cuci bersih kedelai, lalu rendam dalam air ½ gelas atau hingga terendam semua. Diamkan 7-8 jam, hingga kulitnya lunak dan mudah dikuliti. Remas-remas hingga kulitnya lepas, dan buang kulit tersebut. Jika tak dibuang kulitnya, maka aroma susu akan langu.
  2. Blender kedelai yang telah bersih dan lunak itu dengan 1 gelas air hingga halus. Kemudian tambahkan air lagi dan blender kembali.
  3. Saring air kedelai halus menggunakan saringan halus, hingga 2 kali agar benar-benar bersih dari ampas.
  4. Tambahkan air lagi agar susu kedelai tak terlalu kental. Rebus dalam panci bersih dengan diberi daun pandan agar wangi. Masukkan gula sesuai selera Anda. Aduk sesekali agar tidak meluap, hingga mendidih.
  5. Angkat dan dinginkan. Susu kedelai Anda siap dinikmati.
Jika Anda ingin memberi perisa coklat, maka itu akan lebih nikmat lagi. Nah, selamat mencoba membuat susu kedelai sendiri.

Sumber : sidomi.com