Menanam dan Merawat Bunga Zinnia (Bunga Kertas)

Menanam dan Merawat Bunga Zinnia (Bunga Kertas)

Bunga zinnia atau yang lebih populer disebut bunga kertas merupakan tropis yang mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Zinnia akan lebih tumbuh subur lagi di tanah yang memiliki kelembaban cukup, mendapat sinar matahari yang cukup, dan memiliki sirkulasi air yang bagus.

Untuk cara menanam bunga zinnia sendiri cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan biji bunga zinnia dalam posisi tertidur ke dalam pot atau media persemaian. Dalam jangka waktu 3 sampai dengan 7 hari, biji zinnia akan mulai tumbuh dan memiliki 2 helai daun muda. Dan saatlah saat yang bagus untuk memindahkan zinnia muda ke media tanam yang lebih besar. Namun jangan tumbuh hingga daun berjumlah 4 helai, karena menurut pengalaman kami ketika zennia dipindahkan akan membuat batang tidak lurus (bengkok) sehingga akan merusak keindahannya.

Setelah zinnia dipindah, anda hanya perlu menunggu kurang lebih 1 bulan hingga zinnia tumbuh besar dan menghasilkan bunga-bunga yang indah. Dan selanjutnya lakukan perawatan bunga zinnia berikut ini:

Merawat Bunga Zinnia
  • Supaya bunga zinnia tumbuh sempurna, berikan pupuk kandang secara rutin, 2 minggu sekali
  • Lakukan penyiraman bunga zinnia pada pagi dan sore hari dengan air bersih, namun jangan menyiram daunnya karena akan membuat bunga menjadi roboh
  • Jangan berikan pestida pada zinnia, hal ini hanya akan mempercepat usia dari bunga zinnia saja
  • Jika bunga zinnia ditanam pada di taman, beri jarak sekitar 5 inchi agar pertumbuhan antar zinnia tidak terganggu
  • Potong cabang bunga zinnia yang kurang bagus pertumbuhannya, tujuan agar pertumbuhan bunga tidak terganggu dan untuk menjaga penampilan zinnia
Jika perawatan bunga zinnia ini dilakukan secara rutin, dalam jangka waktu 1 bulan saja anda sudah bisa melihat bunga zinnia yang indah. Namun biasanya bunga terbaik akan tumbuh pada bulan kedua sejak zennia dipindahkan ke media tanam.