Pengaruh Tahanan Daun Terhadap Laju Fotosintesis

Pengaruh Tahanan Daun Terhadap Laju Fotosintesis

Dalam kaitannya dengan laju fotosintesis tanaman atau tumbuhan, tahanan daun berpengaruh terhadap difusi CO2 yang dilakukan oleh daun. Sebagai bahan baku pembentukan karbohidrat, ketersediaan CO2 sangat berpengaruh terhadap karbohidrat yang dihasilkan atau laju fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman. Pada umumnya, tahanan daun akan mengganggu difusi CO2 yang juga berakibat pada menurunnya laju fotosintesis tanaman. 

Terdapat tiga macam tahanan daun pada tanaman. Yang pertama adalah tahanan helaian, kedua tahanan stomata, dan yang terakhir adalah tahanan mesofil. 

Tahanan helaian merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konsentrasi CO2 yang berada di permukaan daun. Tahanan helaian disebut juga sebagai efek lapisan pembatas karena permukaan daun merupakan batas antara udara yang mengandung CO2 dengan stomata daun yang merupakan jalan masuk CO2 ke dalam mesofil daun. Tahanan helaian banyak dipengaruhi oleh gerankan udara yang berada di sekitar daun. Rata-rata konsentrasi CO2 di udara adalah 300 sampai 360 ppm. Adanya gerakan udara di sekitar permukaan daun akan meninkatkan konsentrasi CO2 di udara yang juga berakibat pada berkurangnya tahanan helaian daun yang pada akhirnya dapat meningkatkan laju fotosintesis. Tanpa adanya gerakan udara, akan terjadi landaian difusi CO2 yang mengurangi konsentrasi CO2 di udara. Semakin kencang pusaran angin di permukaan daun akan mengurangi tahanan helaian yang juga erdampak pada peningkatan laju fotosintesis tanaman.

Tahanan stomata merupakan tahanan terhadap difusi CO2 dari udara ke dalam daun melalui stomata. Dalam keadaan lingkungan yang menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, jumlah stomata sudah mencukupi untuk melakukan difusi CO2 secara efisien. pada lingkugan yang kurang menguntungkan seperti pada saat kekurangan air, stomata pada daun akan anyak yang menutup sehingga difusi CO2 juga terganggu yang juga berakibat pada berkuangnya laju fotosintesis yang dilakukan oleh daun. 

Tahanan mesofil adalah ukuran apa saja yang berhubungan dengan daun, mempengaruhi laju difusi CO2 oleh daun kecuali tahanan helaian dan tahanan stomata. Apa saja yang mempengaruhi fiksasi CO2 akan mempengaruhi konsentrasi CO2 dalam kloroplas yang pada akhirnya mempengaruhi laju difusi total CO2 daru udara ke kloroplas.

Sumber : 
Gardner, F.P., R.B. Pearce, and R.L. Mitchell. 1985. Physiology of Crop Plants. The Lowa State University.