Penyakit Utama Tanaman Avokad (Persea gratissima)

Penyakit merupakan interaksi antara pathogen penyebab penyakit, tanaman, dengan lingkungan tempat tumbuh tanaman. Dalam budidaya tanaman avokad, penggendalian penyakit sama pentingnya dengan pengendalian hama tanaman. Seperti halnya mengetahui jenis hama tanaman avokad, mengetahui penyakit pada tanaman avokad juga sama pentingya untuk dapat mengendalikan penyakit tanaman avokad. Berikut adalah penyakit yang sering terdeteksi pada tanaman avokad. 

1. Antraknosa 

Antraknosa disebabkan oleh jamur Colletotrichum gloeosporioides. Jamur ini menyerang hampir di semua bagian tanaman kecuali akar. Bagain yang terkena serangan menunjukkan gejala berwarna coklat karat. Selanjutnya, daun, bunga, buah, dan cabang akan gugur. 

2. Bercak Daun Coklat 

Bercak daun coklat disebabkan oleh Cercospora purpurea atau dikenal dengan Pseudocercospora purpurea. Jamur ini menyerang buah atau daun dan menjadikannya berwarna coklat muda yang diselubungi 

oleh coklat tua di pinggirya. Pada cuaca yang lembab, bercak coklat akan menjadi abu-abu dan bisa menjadi seuatu lubang yang bisa menjadi tempat masuk organism lain. 

3. Busuk Buah 

Busuk buah disebabkan oleh jamur Botryodiplodia theobromae. Jamur akan menyerang ketika terdapat luka di permukaan buah. Bagian pertama yang diserang adalah tangkai buah dengan tanda bercak coklat yang lama-kelamaan menyebar ke permukaan buah. Dengan menjalarnya jamur ke permukaan buah, permukaan buah akan menkadi tojolan-tojolan kecil. 

4. Busuk Akar 

Busuk akar disebabkan oleh jamur phytopthora yang hidup saprofit di tanah yang banyak mengandung bahan organik. Tanah lembab dan drainase yang buruk membuat jamur ini berkembang lebih cepat. Pada akar tanaman yang terserang, tunas atas akan tumbuh kerdil dan tidak jarang menjadi mati. Jika batang terserang, terjadi perubahan warna kulit di pangkal pohon. Akibat yang paling fatal adalah kematian tanaman. 

Sumber
Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta.