Syarat Tumbuh Avokad (Persea gratissima)

Syarat Tumbuh Avokad (Persea gratissima)

Dalam budidaya tanaman avokad, syarat tumbuh tanaman harus benar-benar diperhatikan khususnya jika ingin melakukan pertanaman avokad dalam jumlah dan luasan yang sangat besar. Syarat tumbuh optimal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman avokad sehingga diharapkan hasil buah yang didapatkan juga dapat optimal. Secara umum, syarat tumbuh tanaman mencakup kesesuaian iklim dan kesesuaian tanah. 

Avokad dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 12,8 sampai 300C. akana tetapi, pertmbuhan optimal avokad hanya dapat dicapai pada kisaran suhu 15 sampai 280C. suhu kurang atau lebih dari kisaran suhu tersebut akan mengganggu pertumbuhan tanaman avokad dan berdampak pada pengurangan hasil yang signifikan. Dengan kisaran suhu seperti itu, di daerah tropis tanaman avokad dapat tumbuh dan dikembangkan pada tempat dengan ketinggian antara 200 sampai 1000 mdpl. Untuk avokad jenis Guatemala, ketinggian yang sesuapi adalah 1000 sampai 2000 mdpl. 

Curah hujan yang dibutuhkan adalah 1500 sampai 3000 mm per tahun dengan distribusi yang baik dengan distribusi yang baik karena tanaman avokad masih bisa mentolerir adanya bulan kering 2-6 bulan. Avokad sebenarnya kurang baik dengan intensitas cahaya matahari penuh. Intensitas cahaya yang dibutuhkan avokad adalah 40 sampai 80% dari cahaya penuh. Angin diperlukan untuk penyerbukan tetapi angin yang terlalu kencang dapat merusak frame tanaman karena avokad tergolong tanaman yang lunak, rapuh, dan mudah patah. 

Tanah yang sesuai untuk pertumbuhan avokad adalah pada pH yang netral (5,5-6,5). pH netral dapat membuat unsure-unsur hara yang dibutuhkan tanaman menjadi tersedia. Struktur tanah yang gembur dan tidak becek akan memudahkan intersepsi akar ke dalam tanah dan respirasi akar serta dapat mengurangi serangan cendawan pada akar. Pada lingkungan yang kering, syarat kedalaman air tanah maksimal adalah 2 m agar tanaman tidak mendapatkan cekaman kekeringan. 

Syarat tumbuh memang bukan satu-satunya aspek dapal budidaya tanaman avokad. Akan tetapi, dengan syarat tumbuh optimal yang dicapai, teknik budidaya avokad akan lebih mudah dilakukan dan hasilnya pun juga akan lebih baik. 

Sumber :
  • Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta.
  • AAK. 2005. Bertanam Pohon Buah-Buahan 2. Kanisius, Yogyakarta.