Varietas Unggul Avokad (Persea gratissima)

Varietas Unggul Avokad (Persea gratissima)

Dalam budidaya tanaman avokad, pemilihan varietas unggul sangat disarankan agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Varietas unggul antara yang satu dengan yang lainnya berbeda karakteristiknya. Dengan mengetahui karakteristik varietas unggul dan menyesuaikannya dengan kondisi lingkungan serta teknologi budidaya yang tepat, peluang mendapatkan hasil sebesar-besarnya akan semakin maksimal pula. 

Sampai saat ini, sudah ada sepuluh varietas unggul nasional yang telah dilepas. Dianataranya adalah hijau bundar, hijau panjang, YM lebah, mega murapi, mega paninggahan, mega gagauan, dan feurtindo. 

1. Varietas HIjau Panjang 

Varietas ini tergolong varietas yang rajin berbuah setiap bulan dalam satu tahunnya. Bentuk buah lebih menyerupai buah pear dengan bagian ujung yang tumpul dan pangkal yang meruncing. Panjangnya 11 sampai 18 cm dengan diameter buah sebesar 6 sampai 10 cm. kulit bha berwarna hijau kemerahan permukaan licin, berbinik kuning kecil, dan memiliki ketebalan 1,5mm. Daging buah tergolong tebal (2cm), berwarna kuning, rarsanya gurih, dan bertekstur agak lunak. Berat buah dapat mencapai 0,5 kg dengan produksi 40-80 kg per pohon per tahun.

2. Varietas Hijau Bundar 

Berbentuk bulat dengan ujung yang lonjong dan pangkal tumpul. Panjang buha berkisar 9 cm dengan diameter 7,5 cm. kulit berwarna hijau saat matang dengan ketebalan 1 mm, licin, da berbintik kuning. Dagig buah berwarna kuning kehijauan dan tebal sekitar 1,5 cm. Berat buah mencapai 0,4 kg dengan produksi rata-rata 30 kg per pohon per tahun. Sama dengan varietas yang lainnya, produksi buah varietas hijau panjang juga berlangsung sepanjang tahun. 

Sumber :

Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta.