Beberapa Manfaat Bunga Kenanga

Tanaman bunga kenanga memiliki batang yang cukup besar, berdiameter 0,1-0,7 meter dan tingginya mencapai 5-20 meter. Pertumbuhan bunga kenanga akan muncul diantara batang pohon atau ranting dengan susunan bunga yang spesifik dan menarik. Seuntai bunga kenanga umumnya mempunyai enam buah lembar daun dan satu buah mahkota berwarna kuning, serta beraroma harum dan khas. Sekarang ini, bunga kenanga banyak ditemukan di daerah pedesaan atau pinggiran hutan dan biasanya tumbuh dengan liar. Masyarakat setempat sering menggunakan bunga kenanga karena manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Manfaat bunga kenanga tersebut antara lain, mengobati pusing, demam, mual-mual, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan obat nyeri haid. Biasanya pemanfaatan bunga kenanga dilakukan langsung dalam bentuk segar atau baru selesai dipetik, kemudian diseduh dengan air hangat. Selanjutnya, air seduhan tersebut diminum.

Menurut penelitian yang dilakukan, manfaat bunga kenanga dalam mengobati berbagai penyakit tersebut disebabkan karena mengandung sejumlah komponen kimia penting. Di antaranya, flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Terutama minyak atsirinya yang mempunyai bau yang sangat khas ini mengandung beberapa komponen penting yang dapat digunakan juga sebagai insektisida alami. Beberapa komponen tersebut antara lain eugenol, linalool, dan geraniol. Insektisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk memberantas hama serangga. Berdasarkan tingkat ketahanan serangganya, insektisida dibedakan menjadi tiga jenis. Yaitu, imagosida ditujukan untuk membunuh serangga dewasa, larvasida ditujukan untuk membunuh larva serangga, dan ovosida ditujukan untuk membunuh telur serangga.Hal yang paling penting adalah menjaga mutu minyak atsiri yang dihasilkan, agar khasiatnya pun nantinya tetap terjaga dengan baik.

Beberapa hal berikut perlu mendapat perhatian agar menghasilkan mutu minyak bunga kenanga yang baik adalah:
  • Bunga kenanga yang baik dan tepat untuk dipanen adalah bunga yang telah berwarnakuning.
  • Pemanenan diusahakan pagi-pagi sekali, yaitu sebelum matahari terbit, hal ini dilakukan untuk menghindari penguapan dari senyawa minyak atsiri.
Salah satu contoh manfaat bunga kenanga yang telah diaplikasikan adalah sebagai spray obat antinyamuk. Hal ini merujuk dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengoleskan ekstrak bunga kenanga pada tubuh marmut. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam ekstrak bunga kenanga tersebut lalu meresap ke pori-pori marmut. Selanjutnya, adanya campuran antara keringat dan minyak atsiri ini akan menguap ke udara dan menimbulkan bau. Bau tersebut akan terdeteksi oleh reseptor kimia yang terdapat pada tubuh nyamuk dan diteruskan ke pusat impuls saraf. Hal inilah yang kemudian direspon otak nyamuk agar menghindari tubuh marmut. Walaupun sampai sekarang harga obat antinyamuk ekstrak bunga kenanga masih mahal, namun tidak menimbulkan efek samping seperti kebanyakan obat antinyamuk lainnya.