Ketepeng Cina

Nama daerah. Tanaman Ketepeng Cina (Cassia alata L.) merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Sebagai nama dagang memang dikenal dengan nama ketepeng cina, namun tanaman ini mempunyai nama yang berbeda di beberapa daerah. Di Sumatera (di daerah Melayu) , tanaman Ketepeng Cina dikenal dengan nama Daun Kupang. Di daerah Jawa, tanaman Ketepeng cina dikenal dengan beberapa nama. Di Sunda dikenal dengan nama Ki Manila , di Jawa dikenal dengan nama Ketepeng Cina, dan di Madura dikenal dengan nama Kupang-kupang. Di Maluku tanaman ketepeng cina ini dikenal dengan dua nama, yaitu Kupang-kupang di Ternate dan Tabakun di Tidore. 

Klasifikasi Tanaman 

Tanaman Ketepeng Cina (Cassia alata L.) termasuk ke dalam Divisi Spermatophyta, Sub Divisi Angiospermae, Kelas Dicotyledonae, Bangsa Rosales, Suku Leuminosae, Marga Cassia dan Jenis Cassia alata L. 

Deskripsi Tanaman

Tanaman ketepeng cina berbentuk perdu,dengan tinggi mencapai 5 meter. Batang tanaman ketepeng cina berkayu, berbentuk bulat, simpodial, berwarna cokelat kotor. Daun ketepeng cina merupakan daun majemuk, menyirip genap, anak daun berjumlah antara 8 hingga 24 pasang. Bentuk daun bulat panjang dengan ujung tumpul. Tepi daun rata, dan pangkal daun membulat. Panjang daun antara 3,5-15 cm, dan lebar 2,5-9 cm. Pertulangan daun menyirip, tangkai pendek dan warna daun hijau. 

Bunga Tanaman

Bunga ketepeng cina merupakan bunga majemuk, berbentuk tandan. Kelopak bunga berbagi lima, benangsari berjumlah tiga dan berwarna kuning. Daun pelindung pendek, berwarna jingga. Mahkota bunga berbentuk kupu-kupu, berwarna kuning. 

Buah Tanaman 

Buah Ketepeng cina merupakan buah polong, panjang dapat mencapai 18 cm dan lebar ± 2,5 cm. Buah ketepeng cina ini pada saat masih muda berwarna hijau, namun pada saat sudah tua warnanya menjadi hitam kecoklatan. 

Biji Tanaman

Biji Ketepeng cina merupakan segi tiga lancip, dan pipih. Pada saat masih muda, biji ketapang cina ini berwrna hijau , dan setelah tua mejadi hitam. 

Akar Tanaman

Akar tanaman ketepeng cina merupakan akar tunggang, bercabang , berbentuk bulat dan berwarna kehitaman. 

Kandungan kimia

Daun Cassia alata mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tannin dan antrakinon. 

Khasiat

Daun Cassia alata berkhasiat sebagai obat kudis dan obat ,alaria. Untuk obat kudis dipakai ± 10 gram daun segar Cassia alata, dicuci lalu ditumbuk sampai lumat, kemudian ditempelkan pada kudis dan dibalut dengan kain bersih.