Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Daun pandan merupakan daun tunggal duduk dengan pangkal memeluk batang dan biasanya tersusun tiga helai pada batang secara spiral. Salah satu ciri khas daun pandan adalah menimbulkan bau harum jika diremas remas. Daun pandan pada umumnya digunakan sebagai rempah yang berfungsi untuk memberikan warna hijau pada makanan dan juga dipakai untuk memberikan aroma harum pada makanan yang sering kiya makan agar segar dan wangi.

Berikut Adalah Beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan :

Mengatasi Lemah Syaraf

Cuci bersih 3 (tiga) lembar daun pandan dan diiris tipis tipis, setelah itu rebus dengan 3 (tiga) gelas air sampai mendidih hingga tersisa sekitar 2 (dua) gelas air, setelah dingin minumlah airnya pagi dan sore.

Mengatasi Ketombe

Cuci bersih 2 hingga 5 lembar daun pandan, iris kecil kecil dan ditumbuk sampai halus, gunakan hasil tumbukan daun pandan tersebut untuk diusap usapkan dikulit kepala secara teratur.

Menghitamkan Rambut

7 lembar daun pandan segar di potong potong sama rata lalu direbus dengan segelas air sampai mendidih dan berwarna kehijauan, setelah dingin biarkan air mengembun semalaman dan pagi harinya campurkan dengan air perasan 3 (tiga) buah mengkudu matang. Gunakan air campuran tersebut untuk membasuh rambut tiga kali seminggu secara teratur.

Antirematik dan Pegal Linu

3 lembar daun pandan segar dicuci bersih dan diiris tipis. Seduh irisan daun dengan setengah cangkir minyak kelapa sambil diaduk secara merata, gunakan sebagai obat gosok setelah ramuan dingin.

Penurun Tekanan Darah Tinggi

Rebus daun pandan dengan air putih dua gelas hingga tersisa sekitar segelas air, minum pagi dan sore hari secara teratur hingga tekanan darah normal kembali.

Itulah beberapa manfaat khasiat daun pandan untuk kesehatan dan pengobatan alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita untuk selalu hidup sehat dan segar.