Tanaman Kenanga (Cannangtum odoratum BAILL)

Tanaman Kenanga (Cannangtum odoratum BAILL)

Tanaman kenanga (Cannangtum odoratum BAILL) mempunyai sinonim yaitu Canangium fruticosum graih. Tanaman ini menghasilkan bunga yang cukup harum baunya sehingga sering digunakan dalam acara adat dan kematian. Tanaman kenanga juga sering ditanam di halaman rumah hanya sebagai tanaman hias, karena masyarakat pada umumnya belum mengetahui manfaat kenanga sebagai obat maupun sebagai bahan kosmetika.

Klasifikasi

Tanaman kenanga (Cannangtum odoratum BAILL) termasuk dalam divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, Kelas Dicotyledonae, Bangsa Ranunculales, Suku Annonaceae, Marga Canangium dan Jenis Canangium odoratum Baill. 

Nama daerah

Tanaman kenanga (Cannangtum odoratum BAILL) tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Nama umum atau nama dagang dari Cannangtum odoratum BAILL adalah kenanga, namun tanaman ini dikenal dengan berbagai nama di beberapa daerah di Indonesia. Di Sumatera saja terkenal dengan berbagai nama, diantaranya di Aceh dikenal dengan nama kenanga, di Gayo dikenal dengan Selanga, di Nias dikenal dengan Ngana-ngana, di Minangkabau dikenal dengan nama Ingona, di Sumatera Barat dikenal dengan nama Kupa Apale, dan di Sumatera Selatan dikenal dengan nama Kupa Lena. Di daerah Jawa, nama tanaman ini tidak terlalu bervariasi. Di daerah sunda dikenal dengan nama Kananga, di Jawa Tengah dikenal dengan nama Kenanga dan di Madura juga dikenal dengan nama Kanganga. Di Bali dikenal dengan nama Sandat. Di Nusa Tenggara dikenal dengan beberapa nama, diantaranya di Sasak dikenal dengan nama Sandat, di Bima dikenal dengan nama Kenanga, di Sawu dikenal dengan nama Tenaga dan di Roti dikenal dengan nama Kacik. Di Sulawesi Utara dikenal dengan nama Lalingiran dan di Bugis dikenal dengan nama Kananga. Sedangkan di Maluku yaitu hanya dikenal dengan satu nama yaitu di Boru dikenal dengan nama Lomulilano. 

Deskripsi Tanaman Kenanga

Pohon kenanga dapat mencapai tinggi hingga ± 10 m. Batangnya berkayu, bercabang dan berwarna hijau kotor. Daunnya berwarna hijau,merupakan daun tunggal dan letaknya tersebar. Bentuk daun bulat telur, ujung daun runcing, pangkal daun rata. Panjang daun antara 10-23 cm dan lebar 3-14 cm, dengan pertulangan menyirip. Daun enanga bertangkai dengan panjang 1-1 1/2 cm. Bunga kenanga berwarna kuning. Bunga ini merupakan bunga majemuk, berbentuk payung. Letak bunga di ketiak daun. Kelopak bunga berbentuk , berwarna hijau. Benang sari bayak jumlahnya, berwarna coklat muda. Kepala putik berbentuk bulat. Daun mahkota berjumlah enam, lanset dengan panjang antara 5-7,5 cm. Bunga kenanga ini pada saat muda berwarna hijau, namun setelah tua berubah menjadi kuning. Buah kenanga berwarna hijau, berbentuk lonjong, dengan panjang ± 2 cm. Akar tanaman kenanga merupakan akar tunggang, berwarna cokelat. 

Kandungan kimia

Bunga Canangium odoratum mengandung saponin, flavonoida, polifenol dan minyak atsiri, dan dapat berkhasiat sebagai obat nyeri haid. 

Khasiat

Bunga kenanga dapat berkhasiat sebagai obat nyeri haid . Cara penggunaan: Siapkan ± 15 gram bunga segar Canangium odoratum , kemudian diseduh dengan 1 gelas air matang panas. Setelah dingin, kemudian airnya diminum sekaligus.